Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak dari Kabel Kelistrikan Mobil yang Digigit Tikus

Kompas.com - 15/04/2022, 03:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com— Kabel kelistrikan pada mobil sering menjadi sasaran empuk bagi tikus untuk di gigit. Oleh karena itu, hewan pengerat ini menjadi musuh bagi para pemilik kendaraan roda empat.

Banyak hal yang dirugikan jika tikus telah menggigit kabel-kabel kelistrikan yang ada di mobil. Dampaknya akan membuat mobil kehilangan fungsinya. Hal ini dikarenakan kabel-kabel kelistrikan yang penting pada mobil putus akibat ulah tikus.

Baca juga: Skema Penerapan One Way dari Jakarta ke Jawa Tengah Selama Mudik Lebaran 2022

“Fungsi kelistrikan akan terganggu. Hal ini bisa menyebabkan mesin tidak hidup atau malfungsi sensor pada mobil,” ujar Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Division Service PT Astra Daihatsu Motor (ADM) baru-baru ini pada Kompas.com.

Kabel kelistrikan pada mobil memiliki peran untuk mengaktifkan sensor-sensor kendaraan. Jika salah satu kabel ada yang putus, maka akan menyebabkan korsleting yang berbahaya.
Korsleting dari kabel kelistrikan akan membuat performa mobil menurun atau lebih parah memicu kebakaran.

Kondisi kabel mobil yang putus karena digigit tikus. Kejadian ini sering terjadi lantaran tikus menjadikan ruang mesin mobil sebagai sarangnya.(Ari Purnomo)Ari Purnomo Kondisi kabel mobil yang putus karena digigit tikus. Kejadian ini sering terjadi lantaran tikus menjadikan ruang mesin mobil sebagai sarangnya.(Ari Purnomo)

Mobil yang tiba-tiba terbakar karena konsleting komponen kelistrikan ini bisa terjadi tiba-tiba. Hal ini dikarenakan pemilik mobil yang sudah mengetahui ada yang tidak beres pada kabel kelistrikan mobil cenderung abai.

Baca juga: Cara Sedarhana Cegah Tikus Masuk ke Mobil

Bambang menyarankan jika pemilik mobil harus menjaga kebersihan kendaraanya. Tikus gemar tinggal di lingkungan yang kotor. Mobil yang kotor akan menjadi tempat yang nyaman bagi tikus.

“Bersihkan mobil dari sisa makanan karena akan mengundang tikus datang. Kemudian hindari parkir mobil di samping tempat yang banyak makanan sisa misal tempat sampah, pasar dan lainnya,” kata Bambang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com