Kompas.com - 13/04/2022, 18:21 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Tikus sering menjadi hewan yang paling ditakuti oleh pemilik mobil. Sebab sering masuk ke bagian ruang mesin dan merusak komponen mobil.

Hal ini tentunya menjadi permasalahan bagi pemilik mobil. Pemilik mobil harus menggelontorkan dana untuk mengganti atau membetulkan komponen yang rusak karena ulah tikus.

Baca juga: Hindari Kecelakaan, Pahami Arti Kode Lampu Sein pada Bus

Tidak hanya pada mobil tua atau lama, tikus juga kerap menyasar kap mesin mobil keluaran terbaru. Jika dibiarkan, ulah dari hewan yang identik menjadi sumber penyakit ini akan menjadi sumber bahaya dalam berkendara.

Komponen mesin mobil yang dirusak mobil tidak akan berjalan optimal sehingga akan berbahaya saat mobil dioperasikan.

Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM Didi Ahadi mengatakan jika sifat alamiah tikus yang membuat hewan tersebut gemar menetap dan merusak komponen di kap mesin mobil.

Tampilan mesin Toyota Yaris yang digeber Muhamad Arya Rafi (17/10/2021).KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Tampilan mesin Toyota Yaris yang digeber Muhamad Arya Rafi (17/10/2021).

“Namanya tikus sebagai binatang pengerat, dia akan menggigit apa saja yang terbuat dari non logam, seperti kabel kabel, plastik dan sebagainya,” kata Didi baru-baru ini pada Kompas.com.

Tikus adalah hewan pengerat yang memiliki kegemaran untuk menyalurkan kegemarannya. Selain itu, tikus sangat menyukai lokasi-lokasi tertutup yang kotor dan lembab.

Sebab, area mesin mobil terdapat banyak objek yang bisa tikus gigit, maka tempat tersebut menjadi sasaran empuk tikus. Ditambah lagi bagian ruang mesin mobil cenderung gelap dan tertutup yang mana menjadi tempat ideal tikus.

Baca juga: Strategi Jasa Marga Antisipasi Mudik Lebaran 2022

“Tikus yang masuk ke bagian mesin mobil akan melakukan hal sesukanya. Kadang di menggigit kabel hingga putus dan mesin tidak dapat dihidupkan, kadang merusak komponen plastik,” ujar Didi.

Menurut Didi, untuk melindungi mobil dari tikus dapat dilakukan dengan langkah yang sederhana. Caranya adalah mencegah tikus masuk ke area mesin mobil.

Dengan membersihkan lingkungan akan membuat hewan pengerat ini tidak betah. Oleh karena itu, pemilik mobil harus memastikan tempat untuk memarkirkan mobil selalu bersih agar terhindar dari tikus.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.