Kompas.com - 19/09/2022, 15:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Tikus yang masuk dalam kap mesin jadi ancaman dan musuh pemilik mobil. 

Hewan pengerat ini bisa merusak apa saja yang ada di sekitarnya. Tak terkecuali kabel-kabel kelistrikan penting, karena itu, mobil bisa mogok bahkan terbakar. 

Satu saja kabel terjadi korsleting, dampaknya bisa parah. Kemungkinan terburuk, kecelakaan fatal dapat terjadi. 

Namun, ternyata tak hanya kelistrikan, ada komponen mobil lain yang sering jadi korban gigitan tikus.

Baca juga: Antisipasi Cegah Mobil terbakar, Cek Kondisi Ini

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, tikus bisa menyusup masuk lubang sirkulasi udara air conditioner (AC). 

"Pertama kali AC dinyalakan bau kencing tikus. Jelas sangat menganggu," kata Didi kepada Kompas.com, Senin (19/9/2022). 

Ujung-ujungnya AC mobil harus servis total. Belum lagi jika tikus sampai beranak pinak di dalam dan membuat biaya perbaikan membengkak serta waktu yang tak sebentar.

Pembongkaran dashboard Kijang Innova untuk servis perawatan AC. Dicky Aditya Wijaya Pembongkaran dashboard Kijang Innova untuk servis perawatan AC.

"Dasbor dan jalur AC mobil harus dibongkar untuk dibersihkan. Bau tikus juga sulit dihilangkan, apalagi kalau ada tikus tergencet dryer. Sama saja servis AC total jadinya," ucapnya. 

Selain itu, kata Didi, selang dan kabel-kabel komponen lain yang ikut dimakan tikus, biasanya baru selesai dikerjakan sekitar seharian. 

Kabel koil, washer wiper, dan selang reservoir wiper bisa disubtitusi part lain atau langsung ganti baru, tapi instalasi ulang repot. 

Baca juga: AC Tidak Dingin Saat Mobil Melaju, Coba Periksa Ini

Ilustrasi tikus.Pixabay/ Shutterburg75 Ilustrasi tikus.

"Bisa ganti selang filter akuarium, ukurannya sama tinggal pasang. Tapi, kalau konsumen minta ganti baru proses pengerjaan lama," ujar Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.