Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baterai Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Bermasalah, Begini Kata Pakar

Kompas.com - 12/10/2022, 13:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, beredar video viral di media sosial yang memperlihatkan Hyundai Ioniq 5 bermasalah dengan baterainya. Dugaan sementara, kerusakan bisa berasal dari dua komponen.

Dalam video viral tersebut, disebutkan bahwa Ioniq 5 mendadak baterainya menurun atau biasa disebut 'drop'. Baterai yang kapasitasnya tadinya 80 persen, langsung turun ke nol persen.

Baca juga: Video Viral Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Mogok karena Baterai Drop

Mobil sudah coba dicas, tapi kondisi baterai tetap nol persen. Sehingga, mobil listrik tersebut pun harus diderek ke bengkel resmi Hyundai Leuwipanjang, Bandung.

Electric Global Modular Platform yang digunakan Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Electric Global Modular Platform yang digunakan Hyundai Ioniq 5

"Untuk saat ini masih dalam proses pengecekan oleh tim Before Service dan juga tim teknisi dealer. Jika ada update akan segera kami info kembali," kata Uria Simanjuntak, Head of Public Relations PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) kepada Kompas.com, Selasa (11/10/2022).

Ahli Teknik Ketenagalistrikan Institut Teknologi Bandung (ITB) Agus Purwadi, mengatakan, charge dan discharge dari baterai selalu dipantau ketat oleh Battery Management System (BMS).

Baca juga: Ini Jawaban Hyundai soal Kasus Baterai Mobil Listrik Ioniq 5 Drop

"Dalam praktiknya, untuk mendapatkan kapasitas besar, maka sel baterai selalu diseri dan paralel multi sel, dan selalu dimonitor BMW kondisi sel-selnya," ujar Agus, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (11/10/2022).

Foto stok: Mobil listrik Hyundai Ioniq 5.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Foto stok: Mobil listrik Hyundai Ioniq 5.

"Dalam kasus di atas, bila drop mendadak, maka artinya sistem BMS mendeteksi ada malfungsi sel atau baterai paknya, atau sistem elektronik BMS-nya yang error," kata Agus.

Hyundai memberikan garansi untuk baterai Ioniq 5 selama 8 tahun atau 160.000 kilometer. Meski demikian, perlu pengecekan lebih jauh apakah masalah tersebut juga terdampak pada produksi Ioniq 5 lainnya.

Sehingga, bisa dilakukan recall untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang dapat mengancam keselamatan penggunanya maupun pengguna jalan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.