Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Respons Hyundai Soal Cat Ioniq 5 yang Mengelupas

Kompas.com - 16/09/2022, 18:42 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) akhirnya angkat bicara terkait video viral di media sosial soal cat Gravity Gold Matte pada Ioniq 5 yang mengelupas ketika dilepas menggunakan lakban.

Menurut Makmur, Chief Operating Officer PT HMID, kondisi tersebut terjadi bukan karena masalah cat, dan tidak semua produk Ioniq 5 dengan kelir Gravity Gold Matte mengalami hal tersebut.

"Cat tidak ada masalah. Tidak semua Ioniq dengan warna itu mengalami hal seperti itu, hanya beberapa saja. Sejauh ini yang sudah ada di media sosial saja, jadi kalau ada konsumen kejadian seperti itu, silakan info ke diler karena ada garansi juga," ujar Makmur, kepada Kompas.com, Jumat (16/9/2022).

Baca juga: Soal Cat Ioniq 5 Mengelupas, YLKI Sarankan Hyundai Melakukan Recall

Ketika ditanya soal akar masalahnya, Makmur enggan untuk memberikan penjelasan lebih lanjut. Dia hanya menjelaskan saat proses produksi semua produknya sudah melewati quality control atau (QC).

Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (13/8/2022).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (13/8/2022).

Bahkan terkait cat yang digunakan pada mobil listriknya di Indonesia, Makmur menjamin memiliki standar yang sama dengan global.

"Cat kita pakai kualitas yang sama dengan global, dan ini juga jadi bahan yang sudah kita infokan ke global bila ada kejadian seperti ini," ujar Makmur.

"Ada cat dasar, setelah itu cat mobil, dan setelah itu kan lapisannya, nah tidak bisa dibilang apakah itu lapisan atau apanya (yang mengelupas). Intinya kalau ada konsumen dengan masalah yang sama infokan ke diler nanti kita bereskan, sama seperti dua konsumen kami sebelumnya, sudah tidak ada masalah," katanya.

Baca juga: Hyundai Redam Keresahan Cacat Produksi Ioniq 5 via Media Sosial

Seperti diketahui, sebelumnya sempat viral terkait video mengelupasnya cat Hyundai Ioniq 5 milik salah satu konsumen bernama Bernard. Kejadiannya, lantaran pemilik ingin melapisi door seal plate menggunakan lakban agar tak tergores.

Foto stok: Mobil listrik Hyundai Ioniq 5.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Foto stok: Mobil listrik Hyundai Ioniq 5.

Tapi saat dilepas, ternyata ada sebagian cat yang ikut terangkat dan melekat pada lakban. Sontak kejadian tersebut langsung mendatangkan ragam tanda tanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com