Apakah Kredit Beli Mobil Bekas Sama Seperti Cicil Mobil Baru?

Kompas.com - 04/10/2022, 11:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Membeli mobil bekas hingga saat ini menjadi hal yang diminati oleh banyak orang dalam menunjang kebutuhan.

Bukan hanya saat membeli mobil baru, sistem kredit juga bisa dipilih untuk membeli bekas. Tentunya cara ini akan membantu seseorang untuk memiliki kendaraan dengan segera kendati dana yang dimiliki masih sedikit.

Namun apakah ada perbedaan hitungan atau simulasi kredit antara mobil bekas dan kredit mobil baru ?

Baca juga: Nissan dan Mitsubishi Bikin Mobil Listrik Mungil Harga Murah

Bayu, salah satu staf dari diler mobil bekas Mobil88 mengatakan jika secara sistem hitungan kredit mobil bekas dan kredit mobil baru serupa.

“Simulasi perhitungan kredit mobil bekas dan mobil baru sama,” kata Bayu kepada Kompas.com, Senin (4/10/2022).


Sama yang dimaksud ialah saat kredit mobil bekas ada total Down Payment (TDP) yang harus di bayar di awal oleh calon pembeli. Biasanya pembayaran TDP termasuk DP, angsuran 1x, asuransi, biaya admin atau fidusia.

Ilustrasi mobil bekas. Penjualan mobil bekas di Bengkulu anjlok sampai 50 persen pasca kenaikan harga BBM.SHUTTERSTOCK/Fedorovekb Ilustrasi mobil bekas. Penjualan mobil bekas di Bengkulu anjlok sampai 50 persen pasca kenaikan harga BBM.


Nantinya pembeli akan mengajukan simulasi perhitungan kredit ke sales sesuai bujet yang tersedia. Apabila dana yang dimiliki saat ini terbatas, maka TDP bisa disesuaikan dengan dana yang tersedia saat ini,dengan nilai angsuran per bulan menjadi sedikit lebih tinggi.

Baca juga: Jadi Bahan Motor Custom, Harga Yamaha Byson Bekas Mulai Rp 5 Jutaan

Sementara itu, dikarenakan ini merupakan mobil bekas yang mana pernah dipakai oleh pihak lain, maka calon pembeli harus lebih teliti sebelum memutuskan untuk kredit.

Calon pembeli mobil bekas secara kredit harus memastikan harga kredit mobil bekas yang diambil sesuai dengan kualitas unit.

“ Yang jelas pastikan dulu kondisi kendaraan yang akan dibeli dan cek keabsahan semua dokumen nya,” kata Bayu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.