Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan dan Mitsubishi Bikin Mobil Listrik Mungil Harga Murah

Kompas.com - 03/10/2022, 19:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan dan Mitsubishi berkolaborasi untk memproduksi kendaraan mungil atau Kei Car bertenaga listrik di pasar Jepang. Mobil ini, akan diproduksi dan dijual secara masif pada tahun depan atau 2023 mendatang.

Melansir Nikkei Asia, sebenarnya kedua produsen asal Jepang tersebut sudah meluncurkan produk terkait pada 2011 lalu lewat perusahaan patungan NMKV. Namun kala itu, mobil baru menggunakan mesin internal combustion engine (ICE).

Melalui program dan komitmen pada elektrifikasi, mereka lantas memperbesar pasarnya menjadi kendaaan listrik dan dinamai Nissan Sakura dan Mitsubishi eK X EV.

Baca juga: Yamaha Byson Bisa Jadi Alternatif Bahan Motor Custom

Kei Car listrik Mitsubishi eK X EV. dok.Mitsubishi Kei Car listrik Mitsubishi eK X EV.

Menariknya, produksi kedua mobil tersebut akan meningkat menjadi 20 persen pada 2023 mendatang. Sejak membuka pemesanan pada Juni, mobil listrik ini sudah dipesan kurang lebih 35.000 unit.

Bahkan Nissan dan Mitsubishi terhitung telah menyumbang 50 persen pasar kendaraan listrik di Jepang pada periode April hingga Agustus 2022.

Mobil kolaborasi milik Nissan tersebut dijual dengan harga terjangkau mulai 2.333.100 yen atau Rp 246 juta. Sedangkan mobil listrik Mitsubishi dijual mulai 2.398.000 yen atau setara dengan Rp 253 juta.

Dilihat dari desainnya, eK X EV tampak masih memiliki desain Xpander yang dibuat kompak serupa kendaraan versi konvensionalnya. Tapi, beberapa bagian sudah disempurnakan seperti pada pelek, grill, dan fiturnya.

Baca juga: Berlaku Mulai Hari Ini, Operasi Zebra 2022 Utamakan Sosialisasi

Pada lembar spesifikasi, dengan mengambil teknologi pengembangan Nissan Leaf, perseroan mengklaim bahwa mobil bisa menghasilkan tenaga 64 dK dan motor listriknya menghasilkan torsi 95 Nm, lebih besar dari mesin eK X.

Sementara Sakura, dengan garis tekuk dan teknologi yang hampir serupa, mampu merilis tenaga 47 kW dan torsi 195 Nm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com