Taklukkan Lintasan Basah, Ini Cerita Sergio Perez di F1 Singapura

Kompas.com - 03/10/2022, 18:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap tim Red Bull Racing, Sergio Perez, berhasil menang pada Formula 1 (F1) Singapura yang digelar di Sirkuit Marina Bay, Minggu (2/10/2022) malam kemarin.

Memulai laga dari posisi yang strategis yakni urutan ke-2, pria asal Mexico ini mampu memanfaatkan berbagai peluang di kondisi lintasan basah sehingga pada akhirnya menyalip Charles Leclerc di tikungan pertama.

Bagi Perez, kemenangan kali ini paling diharapkan semenjak terakhir kali naik podium teratas di Monaco, sepuluh seri sebelumnya. Persaingan posisi dua di papan klasemen juga semakin ketat karena hanya terpaut 2 poin dari Leclerc yang punya 235 poin.

Baca juga: Syarat Beli Mobil Bekas Secara Kredit

Pebalap Red Bull Racing Max Verstappen (depan) bersama rekan setimnya, Sergio Perez (belakang), memimpin di dua posisi terdepan dalam balapan Formula 1 (F1) GP Emilia Romagna di Sirkuit Internasional Enzo e Dino Ferrari, Imola, Italia, pada Minggu (24/4/2022) malam WIB.AFP/MIGUEL MEDINA Pebalap Red Bull Racing Max Verstappen (depan) bersama rekan setimnya, Sergio Perez (belakang), memimpin di dua posisi terdepan dalam balapan Formula 1 (F1) GP Emilia Romagna di Sirkuit Internasional Enzo e Dino Ferrari, Imola, Italia, pada Minggu (24/4/2022) malam WIB.

"Kemenangan ini sangat berarti, saya belum pernah naik podium dalam beberapa balapan terakhir, tetapi selalu memantau dan membuat kejutan, jadi saya sangat bangga dengan hasil hari ini," kata Perez, Senin (3/10/2022).

Meski demikian, ia bercerita bahwa untuk terus konsisten pada GP Singapura sangat rumit karena kondisinya benar-benar setelah hujan deras. Bahkan dari tim sendiri, tak bisa membayangkan betapa sulitnya mengemudi di area itu.

Sebab, trek menjadi sangat licin dan basah sehingga memaksa para pebalap untuk menahan ego dalam berkemudi. Sedangkan laga F1, sudah hampir memasuki tahapan akhir.

"Melewati sektor terakhir sangat sulit. Saya pikir ada sedikit miskomunikasi dengan safety car, dia melaju sangat cepat di tempat-tempat di mana saya tidak bisa mengikutinya dan kemudian melambat di mana saya bisa melaju dengan cepat," ujar Perez.

"Kami berkendara begitu licin di basah mencoba untuk menjaga suhu dan itu sulit," lanjutnya.

Baca juga: Peran Penting IKM dalam Produksi Komponen Kendaraan Listrik

Pebalap Red Bull, Max Verstappen, kala beraksi dalam ajang F1 GP Belanda 2022 di Sirkuit Zandvoort, Belanda, Minggu 4 September 2022.AFP/ANDREJ ISAKOVIC Pebalap Red Bull, Max Verstappen, kala beraksi dalam ajang F1 GP Belanda 2022 di Sirkuit Zandvoort, Belanda, Minggu 4 September 2022.

Atas capaian tersebut, rekan setimnya yang diprediksi bakal memetik titel Juara Dunia F1 2022, Max Verstappen, mengapresiasi kemenangan Perez. Ia sendiri, mengaku tidak bisa balapan secara optimal walau bisa menambah poin.

"Dari sisi saya, balapan kali ini adalah akhir pekan yang membuat frustrasi. Balapan tidak dimulai dengan baik, kendala di anti-stall, jadi saya kehilangan banyak posisi di awal," kata Verstappen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.