Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/10/2022, 18:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kustomfest 2022 telah terlaksana dengan sukses di Jogja Expo Center dengan tema “We’ll be back”. Acara tersebut cukup membuat para peserta puas menuangkan kerinduan mereka pada dunia custom.

Acara tersebut meninggalkan kenangan yang sangat berarti, khususnya bagi pecinta modifikasi. Salah satu karya dari peserta yang kaya akan seni adalah mobil Morris Minor yang digarap oleh Daddys Jokes.

Mobil mungil ini mendapat sentuhan khusus pada bagian bodinya menggunakan cat yang kaya akan nilai seni.

Baca juga: Konsep Sepeda Listrik Futuristis Ini Hadir di Kustomfest 2022

Morris Minor dengan warna rusty benettoonKompas.com/Erwin Setiawan Morris Minor dengan warna rusty benettoon

Pemilik Daddys Jokes Ramadhan Arif Fatkhur, mengatakan butuh waktu sekitar 3 bulan untuk menyelesaikan proyek tersebut.

“Jadi, mobil itu didatangkan dari Jakarta ke Jogja dengan kondisi bodi saja, mesin dan semua kaca sudah dilepas, jadi datang tinggal mengeksekusi pengecatan saja, setelah 3 bulan proses pengecatan dengan berbagai tahapan, baru dibalikkan lagi ke sana” ucap Arif kepada Kompas.com, Senin (3/10/2022).

Dia mengatakan proses pengecatan memang membutuhkan waktu cukup lama karena cara pengecatannya tidak seperti pada umumnya, ini justru setelah dicat perlu dirusak lagi segala.

Baca juga: VW Golf MK1 Cabriolet dengan Penyegaran Sederhana di Kustomfest 2022

Morris Minor dengan warna Rusty BenettonKompas.com/Erwin Setiawan Morris Minor dengan warna Rusty Benetton

“Awalnya perlu mengecek dulu cat yang digunakan dari pabrikan itu komposisinya apa saja, kan bisa diketahui bahan catnya dari tahun produksi mobil, cuma warna di mobil ini kan tidak cuma satu, tapi Benetton yaitu ada 5 warna; oren, biru, hijau, kuning dan merah, itu tinggal dikombinasikan saja,” ucap Arif.

Dia menjelaskan untuk pengaplikaisan cat sebenarnya sama saja, tidak ada yang spesial untuk tahapan pertama.

“Pertama ya dicat seperti biasa, tapi setelah pengecatan pertama itu selesai, sudah kering, itu cat dirusak, diamplas hingga ada goresan yang dalam juga, sehingga memang catnya menjadi kasar,” ucap Arif.

Baca juga: Modifikasi Yamaha Byson Cafe Racer, Curi Perhatian di Kustomfest 2022

Morris Minor dengan warna Rusty BenettonKompas.com/Erwin Setiawan Morris Minor dengan warna Rusty Benetton

Selain itu, untuk menambah kesan rusty atau kusamnya dia memadukan cat dasarnya hingga tercipta warna turunannya untuk diterapkan pada sudut-sudut tertentu.

“Untuk menambah kesan rusty atau kusam, digunakan cat turunan dengan memadukan dua warna dasar, sehingga cat seperti ada efek jamurnya tipis-tipis, itu menambah nilai seninya saja sih, setelah itu baru ditimpa dengan efek karatnya,” ucap Arif.

Selain itu, ada proses lain yang jarang didengar di teknik pengecatan yaitu teknik pengasaman.
“Setelah itu ada teknik pengasaman, jadi catnya itu memang benar-benar dibuat rusak, sebelum dilapisi clear, cat tersebut itu kasar, bergelombang, jadi teksturnya itu sangat terasa,” ucap Arif.

Baca juga: Chopper Glamor Sinaga Raih Best Kustom Bike Show di Kustomfest 2022

Setelah itu, baru dilapisi clear berulang-ulang kali hingga permukaan cat menjadi rata sempurna.

“Untuk pengaplikasian clear, itu dilakukan berulang-ulang kali sampai ketemu kerataan permukaan cat, bahkan kalau diitung-itung untuk clear saja membutuhkan waktu 1 bulanan,” ucap Arif.

Belum selesai di situ, Arif mengatakan setelah mesin dan kelengkapan mobil dipasang dari Jakarta, Morris Minor ini kembali mendapatkan sentuhan akhir sebelum masuk ke Kustomfest 2022.

Baca juga: Motor Mini dari Tabung LPG, Mejeng di Kustomfest 2022

Walau tidak mendapatkan gelar juara, Arif tetap berbangga dengan karyanya tersebut. Dia juga mengatakan pihaknya sering menerima pesanan untuk pengecatan mobil, sehingga dia akan tetap berkarya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com