Kompas.com - 03/10/2022, 17:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Membeli mobil bekas menjadi salah satu cara untuk mewujudkan memiliki kendaraan impian. Bukan hanya mobil baru, membeli mobil bekas juga bisa menggunakan pilihan sistem kredit atau mencicil.

Dengan harga yang lebih murah dari mobil baru, tentunya akan kian mengurangi beban anggaran dengan adanya sistem kredit saat membeli mobil bekas.

Baca juga: Cek Harga Oli Mesin Mobil per Oktober 2022

Bayu, salah satu staf dari diler mobil bekas Mobil88 menyarankan bagi yang tertarik membeli mobil bekas secara kredit, calon pembeli harus menyiapkan beberapa kelengkapan berkas sebagai syarat pengajuan.

“Dokumen yang harus dilengkapi antara lain KTP pemohon beserta KTP pasangan jika sudah berkeluarga, NPWP, slip gaji dan buku tabungan serta bukti tempat tinggal, “ kata Bayu kepada Kompas.com, Senin (3/10/2022).


Jika semua dokumen tersebut sudah dilengkapi oleh calon pembeli mobil bekas, selanjutnya akan ada proses survei dari pihak leasing ke lokasi calon debitur.

Apabila semua syarat terpenuhi, maka pengajuan pembelian mobil bekas bisa dilakukan proses penghitungan.

Bursa Mobil Bekas Telomoyo (BMB) Bursa Mobil Bekas Telomoyo (BMB) Bursa Mobil Bekas Telomoyo (BMB)

Baca juga: Biaya Resmi Perpanjangan SIM A dan SIM C per Oktober 2022 

“Setelah itu ajukan simulasi perhitungan kredit ke sales, sesuai budget yang tersedia,” kata Bayu.

Membeli mobil bekas secara mencicil memiliki keuntungan seperti kendaraan dapat segera dipakai dan dimiliki tanpa harus menunggu kondisi uang cukup untuk membeli secara cash.

Tidak berbeda dengan membeli mobil baru, membeli mobil bekas secara kredit juga harus membayar uang muka dan juga memenuhi kewajiban membayar angsuran bulanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.