Kustomfest 2022, Jadi Bukti Bengkel Custom Daerah Melek Motor Listrik

Kompas.com - 02/10/2022, 15:31 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Motor custom listrik menjadi pemandangan baru dalam gelaran Kustomfest 2022 yang kini kembali hadir di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta.

Kehadiran kelas ini tak hanya sekadar mengikuti tren, tapi jadi ajang pembuktian banyak builder lokal yang mampu melakukan konversi atau bahkan merancang bangun kendaraan yang digadang-gadang ramah lingkungan.

Sebelumnya, Lulut Wahyudi, Director Kustomfest mengatakan, salah satu pemicu Kustomfest tahun ini menghadirkan lucky draw motor listrik bergaya Chopper dan hadirnya kelas motor listrik dilakukan sebagai jawaban dari perkembangan zaman saat ini.

Baca juga: Ragam Aksesoris Balap Flattrack di Kustomfest 2022

"Kami ingin melihatkan masyarakat custom ini juga adaptif, teknologi yang selalu dibilang hi tech, dibilang future, masa sih kami nggak bisa. Jadi ini sebuah jawaban dan saya melempar bola panas ke teman-teman pelaku custom, saatnya kita merespon ini (kendaraan listrik)," ujar Lulut, kepada media di Yogyakarta, Sabtu (1/10/2022).

Lebih lanjut Lulut mengatakan, motor-motor custom berbasis listrik di ajang Kustomfest 2022 yang mengambil slogan "We'll Be Back", juga menjadi jawaban bagi pemangku regulasi, bila sudah banyak dari perajin lokal yang mampu melakukan konversi atau bahkan merancang bangun dari awal.

Motor listrik custom di Kustomfest 2022KOMPAS.com/STANLY RAVEL Motor listrik custom di Kustomfest 2022

Harapannya, ketika nanti sudah masif terkait soal konversi, baik motor atau mobil konvensional menjadi listrik, jangan hanya dikuasai oleh sekelompok orang saja yang berujung pada monopoli.

"Dengan kita mengusai teknologi ini harapannya kalau nanti benar-benar migrasi, pelaku custom juga sudah siap, karena siapa sih yang akan melakukan konversi sekian juta kendaraan. Kalau yang melakukan konversi teman-teman pelaku custom, bisa terbayang bila mereka juga bisa mendapat benefit dari program ini," ujar Lulut.

Baca juga: Sultan Yogya Siapkan Piala Bergilir untuk Peserta Terbaik Kustomfest 2022

"Selama ini motor listrik kita beli dari luar dan dipasang, harapannya ke depan, bila memang pemerintah ada kepedulian yang serius soal motor listrik, harapannya kami juga ditunjukkan roadmap-nya seperti apa, dengan demikian kami ini juga bisa belajar dan menentukan dalam mengambil peran yang mana," katanya.

Pemerintah

Dengan adanya kejelasan soal peta jalan industri konversi motor listrik di Tanah Air, menurut Lulut, setidaknya akan memberikan pegangan dan arahan bagi para builder lokal dalam mengetahui arah serta bermain di lini yang mana.

Chopper Electric Bike berjuluk 'Candradimuka' yang menjadi lucky draw Kustomfest 2022Dok. Kustomfest Chopper Electric Bike berjuluk 'Candradimuka' yang menjadi lucky draw Kustomfest 2022

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.