Jelang G20, Polisi Maksimalkan ETLE dan Penggunaan Kendaraan Listrik

Kompas.com - 28/09/2022, 06:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 akan segera berlangsung di Bali, tepatnya pada 15-16 November 2022.

Jelang perhelatan tersebut, Polri menyatakan bakal memaksimalkan penggunaan kendaraan listrik dan kamera ETLE dalam pengamanan dan penjagaan di event Presidensi G20.

Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, dalam pengamanan ini Polri akan memanfaatkan teknologi yaitu kendaraan listrik baik roda dua maupun roda empat.

Baca juga: Alasan Kenapa Pengemudi Mobil Listrik Tetap Butuh Pelatihan

Pemanfaatan ETLE secara koordinatif dan kolaboratif menggunakan kamera ETLE di Bali juga dilakukan untuk bisa memantau setiap wilayah.

“Ini satu langkah besar menangani satu lalu lintas, bisa memanfaatkan kamera-kamera ini dengan banyak hal dengan pemantauan perjalanan bisa melihat kondisi traffic terdampak dari adanya rekayasa dari kegiatan yang dilaksanakan,” kata Firman, dikutip dari NTMC Polri, Selasa (27/9/2022).

Mobil KTT G20 di PEVS 2022, Minggu (24/7/2022)KOMPAS.com/Ruly Mobil KTT G20 di PEVS 2022, Minggu (24/7/2022)

Menurut Firman, pengamanan ini nantinya menjadi operasi terpusat yang akan melibatkan banyak stakeholders.

Operasi tersebut disiapkan dari mulai kegiatan yang bersifat preventif seperti penjagaan-penjagaan, pengaturan, mencadangkan kegiatan yang bersifat kontingensi sampai penanggulangan bencana.

Baca juga: MotoGP Resmi Digelar di Kazakhstan Mulai 2023

Semuanya akan dijaga sedemikian rupa untuk memberikan kenyamanan, keamanan tanpa adanya ketakutan di masyarakat.

“Bapak Kapolri sudah memberikan arahan. Operasi ini sifatnya adalah operasi kewilayahan sekarang ditarik menjadi demokrasi terpusat. Artinya beliau melihat satu potensi kesiapan yang jauh lebih besar yang harus kita laksanakan sehingga dapat mengangkat struktur organisasi ini menjadi operasi terpusat,” ucap Firman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.