Kompas.com - 27/09/2022, 18:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai musim 2023, MotoGP mendapat satu tuan rumah yang baru, yakni Kazakhstan. Balapan akan digelar di Sokol International Racetrack.

"Region tersebut akan menjadi pitstop terbaru untuk MotoGP sebagaimana olahraga ini terus berkembang di seluruh dunia, terlibat dengan pasar dan penggemar baru," tulis pernyataan resmi Dorna Sports, dikutip dari Crash.net, Selasa (27/9/2022).

Baca juga: Dorna Mengaku Kesulitan Tetapkan Jadwal MotoGP 2023

"Kazakhstan juga akan menjadi negara ke-30 yang menjadi tuan rumah Grand Prix sejak 1949, lokasi yang sempurna untuk merayakan sejarah yang terus berkembang dari Kejuaraan Dunia motorsport pertama di dunia, dan Sokol International Racetrack akan menjadi tempat ke-74 untuk menjadi tuan rumah kelas utama," lanjut pernyataan Dorna.

Sokol International Racetrack atau Sirkuit Sokol akan menjadi tuan rumah untuk MotoGP Kazakhstan mulai 2023Dok. Crash.net Sokol International Racetrack atau Sirkuit Sokol akan menjadi tuan rumah untuk MotoGP Kazakhstan mulai 2023

Belum ada tanggal pasti kapan MotoGP Kazakhstan akan digelar. Kalender sementara MotoGP 2023 juga belum diumumkan. Tapi, kabarnya akan digelar pada pertengahan musim.

Dijadikannya Kazakhstan sebagai tuan rumah MotoGP mengikuti kesepakatan Dorna Sports dengan negara lainnya, yakni India dan Arab Saudi.

Baca juga: Danilo Petrucci Resmi Menggantikan Joan Mir di MotoGP Thailand

Musim ini, balapan digelar sebanyak 20 seri. Sedangkan musim depan, rencananya akan menjadi 21 seri.

Namun, Dorna Sports dengan para tim balap sudah memiliki kontrak kerjasama untuk menjalani balap maksimum 22 seri.

Sekarang, masalah lainnya adalah penentuan kalender atau jadwal. Sebab, masing-masing pihak penyelenggara tidak mau jadwal MotoGP dan Formula 1 (F1) mengalami bentrok.

Musim depan, F1 juga akan memecahkan rekor dengan jumlah seri terbanyak sepanjang sejarah, yakni 24 seri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.