Danilo Petrucci Resmi Menggantikan Joan Mir di MotoGP Thailand

Kompas.com - 27/09/2022, 06:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah resmi mengundurkan diri dari MotoGP Aragon dan Jepang, Pebalap Suzuki Ecstar Joan Mir terpaksa harus absen lagi pada Grand Prix Thailand yang akan digelar pada akhir pekan ini.

Mir masih membutuhkan waktu untuk proses penyembuhan kaki kanan yang mengalami patah tulang saat MotoGP Austria.

Sebelumnya pihak Suzuki menunjuk Kazuki Watanabe serta Takuya Tsuda untuk menggantikan Mir di GP Aragon dan Jepang.

Namun, kali ini posisinya akan digantikan oleh Danilo Petrucci. Balapan ini sekaligus menjadi penampilan perdana Petrucci kembali ke MotoGP setelah terakhir ia menang di GP Perancis 2020.

Baca juga: Perbandingan Harga New Honda Vario 125 Vs Rival Sekelas

“Tak perlu dikatakan, saya sangat senang atas kesempatan untuk balapan di Thailand dengan Tim Suzuki Ecstar. Saya ingin berterima kasih kepada tim karena memberi saya kesempatan fantastis ini. Saya juga ingin berterima kasih kepada Ducati dan manajemen tim saya saat ini karena mengizinkan saya mengambil alih posisi ini,” ucap Petrucci dikutip dari Crash, Selasa (27/9/2022).

Petrucci mengaku sangat penasaran dengan performa GSX-RR yang dikenal sebagai motor pemenang. Ia juga tak sabar ingin bekerja sama dengan kru Suzuki yang memiliki hubungan baik dengannya.

Joan Mir saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)PATRICIA DE MELO MOREIRA Joan Mir saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

“Saya tahu itu tidak akan mudah, jadi saya tidak menaruh harapan pada pengalaman, saya hanya ingin menikmatinya. Saya juga senang menjadi salah satu dari sedikit pebalap dalam sejarah yang melompat dari mesin MotoGP ke motor Dakar, Superbike, lalu motor MotoGP pabrikan lainnya,” kata dia.

Sebelumnya, Manajer Tim Suzuki Livio Suppo sempat menawarkan Petrucci untuk menggantikan Mir di MotoGP Misano. Sayangnya pensiunan MotoGP itu menolak lantaran tengah fokus dengan kejuaraan MotoAmerica.

Kini Petrucci menyetujui untuk menjadi rider pengganti Mir dalam seri MotoGP Thailand di Chang International Circuit, Buriram. Suppo pun melontarkan rasa terima kasihnya kepada Ducati yang mengizinkan Petrucci menjadi pembalap pengganti untuk Suzuki.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Rem CBS Honda Vario 125 Kurang Pakem?

Pebalap Octo Pramac Racing asal Italia, Danilo Petrucci, berpose setelah meraih hasil finis di urutan kedua pada balapan GP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (25/6/2017MOTOGP.COM Pebalap Octo Pramac Racing asal Italia, Danilo Petrucci, berpose setelah meraih hasil finis di urutan kedua pada balapan GP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (25/6/2017

"Sayangnya setelah MRI baru, dokter telah mengkonfirmasi bahwa situasi Joan Mir membaik tetapi tidak cukup memungkinkan untuk balapan di Thailand. Oleh karena itu, dia akan melanjutkan rehabilitasi agar fit untuk Phillip Island,” kata Suppo.

“Kami ingin berterima kasih kepada Ducati karena mengizinkan Danilo mengambil kesempatan ini. Kami tahu Danilo adalah “rider unggulan" bagi mereka dan kami sangat menghargainya. Karena itu kami menyambut Danilo ke tim kami, kami akan melakukan yang terbaik untuk membuat akhir pekan ini tak terlupakan baginya,” lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.