Kompas.com - 20/09/2022, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling sudah resmi memasarkan Air ev, mobil listrik mungil sejak GIIAS 2022. Bahkan di Minggu kedua September, sudah diserahkan 135 unit Air ev ke konsumen.

Bagi pemilik Wuling Air ev, bisa dibilang sekarang sedang sering digunakan. Apalagi di Jakarta, mobil listrik termasuk Air ev bebas lewati kawasan ganjil genap.

Layaknya kendaraan yang digunakan, tentu ada waktunya untuk melakukan servis rutin. Sebenarnya, mobil listrik punya komponen yang lebih sederhana, sehingga perawatannya tidak begitu banyak.

Baca juga: Spesifikasi Wuling Air ev, Mobil Listrik Mungil Harga Rp 200 Jutaan

Wuling Air ev di Acara Air ev Green Mobility ExperienceDOK. WULING Wuling Air ev di Acara Air ev Green Mobility Experience

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors mengatakan, perawatan Air ev intervalnya hampir serupa dengan mobil konvensional.

"Pembagian untuk servis rutinnya, interval 5.000 Km, 10.000 Km, lalu kelipatan 10.000 Km dan seterusnya," ucap Danang di Jakarta, Senin (19/9/2022).

Untuk servis perdana Air ev di 5.000 Km, komponen yang diganti adalah oli gardan dengan harga Rp 165.000. Selain biaya servis, ada juga ongkos jasa sebesar Rp 180.000.

Baca juga: Kendaraan Listrik Harus Berisik, Ini Regulasinya

Wuling pun memberikan program gratis biaya jasa selama dua tahun atau 50.000 km, mana yang tercapai lebih dahulu. Jadi untuk servis perdana Air ev bisa dibilang cukup siapkan Rp 165.000 saja untuk oli gardan.

"Untuk (servis) selanjutnya item yang perlu rutin diganti selain oli gardan adalah filter AC dan cairan rem atau brake fluid," ucap Danang.

Secara total, biaya perawatan Wuling Air ev sampai 100.000 Km mencapai Rp 4,19 juta. Tentu ini biaya yang cukup murah untuk merawat kendaraan di diler resmi

Kalau dianalogikan 100.000 Km adalah lima tahun, maka dalam satu tahun cukup siapkan uang Rp 838.000, tidak sampai sejuta untuk servis berkala. Kemudian jika dibagi lagi, maka cukup siapkan sekitar Rp 70.000 per bulannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.