Spesifikasi Mini Electric, Mobil Listrik Harga Rp 900 Jutaan

Kompas.com - 16/09/2022, 10:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Elektrifikasi semakin digencarkan tahun ini; ditandai dengan dibuatnya Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022.

Dalam Inpres tersebut, dijelaskan ketentuan tentang penggunaan kendaraan bermotor berbasis baterai untuk kendaraan dinas operasional, baik perorangan atau dinas, di instansi pemerintahan pusat dan pemerintahan daerah.

Pilihan yang disediakan pun saat ini juga sudah mulai bervariasi. Beberapa ATPM memilih untuk meluncurkan mobil hybrid, lainnya sudah meluncurkan mobil listrik. Ada yang dijual massal, ada yang sekedar dipamerkan sebagai mobil konsep untuk perkenalan kepada masyarakat.

Baca juga: Mini Electric Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Nyaris Rp 1 Miliar

Mobil listrik juga hadir dalam versi premium. Untuk masyarakat yang memilih mobil listrik premium, bisa mempertimbangkan untuk membeli Mini Electric.

Seperti yang terlihat, Mini Electric memiliki basis dari Mini 3 Door. Desainnya pun terbilang sangat identik atau mirip. Dimensinya pun sama, termasuk dengan dimensi bagasinya.

Tapi, tetap ada beberapa elemen yang membedakan Mini Electric dengan mini 3 Door.

Mini ElectricKompas.com/ApridaMegaNanda Mini Electric

Pada bagian depannya, lampu memiliki ciri khas Mini dengan bentuk bulat yang dilengkapi dengan teknologi LED.

Bicara soal dapur pacu, Mini Electric menggunakan motor listrik dengan kapasitas 32,6 kWh dengan jarak maksimal 232 km.

Tenaga maksimum yang bisa dihasilkan mencapai 135 kWh atau 184 Tk dan torsi puncak 270 Nm. Kecepatan maksimumnya adalah 150 km.

Baca juga: Mulai Hari Ini Ada Penghapusan Sanksi Administrasi Pajak Kendaraan di Jakarta

Pengisian daya bisa dilakukan dengan mudah di rumah, ataupun di fasilitas pengisian daya umum. Untuk tipe 2, Mini Electric dilengkapi dengan Mini Wallbox di rumah, atau pengisian umum layaknya di mall, kafe, hotel dan tempat umum lainnya. Daya pengisiannya mencapai 11 kW. Waktu pengisian daya untuk mengisi hingga 80 persen adalah sekitar 12 jam.

Dengan menggunakan DC atau fast charging, daya pengisiannya mencapai 50 kW, dengan waktu pengisian daya sekitar 36 menit untuk mengisi daya baterai sampai dengan 80 persen.

Mini ElectricKompas.com/ApridaMegaNanda Mini Electric

Sedangkan untuk Mini Electric versi Collection, disematkan lampu deapn LED Adaptive, door sill dengan logo Mini Electricsport seats dengan kombinasi light grey fabric atau leatherette. Interiornya dengan finishing Alumunium Mini Yours serta lapisan atap berwarna antrasit. 

Sebagai informasi, Mini Electric dibanderol di angka Rp 945 jutaan off the road. Sedangkan untuk Mini Electric Collection dibanderol di angka Rp 955 jutaan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.