Kompas.com - 15/09/2022, 15:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah RI mengimbau kepada seluruh instansi pemerintahan, TNI dan Polri, serta perusahaan dan lembaga di bawah BUMN, untuk mulai beralih memakai motor atau mobil listrik berbasis baterai sebagai kendaraan dinasnya.

Hal ini sebagai upaya pemerintah dalam mempercepat program penggunaan kendaraaan listrik berbasis baterai nasional, yang sejalan dengan mencapai net zero emission pada 2060 mendatang.

Lantas bagaimana dengan tanggapan para produsen atau pabrikan otomotif khususnya Jepang? Mengingat, produk battery electric vehicle (BEV) seperti yang diminta saat ini cukup terbatas pilihan dan unitnya.

Baca juga: Instruksi Jokowi, Kendaraan Dinas Pemerintahan Harus Kendaraan Listrik, Bisa Sewa Dulu

Ilustrasi kendaraan listrik(Dok. Shutterstock/ Smile Fight) Ilustrasi kendaraan listrik

Dihubungi oleh Kompas.com pada Kamis (15/9/2022), Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy menyatakan bakal mendukung penuh kebijakan tersebut karena pihaknya sudah punya produk terkait.

"Dari Toyota Indonesia, kami sudah meluncurkan dan menjual Lexus UX300 BEV. Kendaraan juga akan digunakan sebagai unit resmi gelaran KTT G20," kata dia.

"Di samping itu, juga ada support cco tourism di Bali, Toba, dan tempat wisata lainnya menggunakan Toyota BEV model Cpod+. Ke depan, kami akan hadirkan model-model elektrifikasi termasuk BEV lainnya, tunggu saja," lanjut Anton.

Hanya saja ia tidak menyebut apakah pihaknya tertarik untuk mengikuti tender pengadaan kendaraan dinas listrik pemerintah atau tidak. Termasuk, apakah dalam waktu dekat perseroan bakal membawa BEV untuk pasar ritel.

Baca juga: Kini Tertulis Kapasitas Baterai di STNK dan BPKB Kendaraan Listrik

Lexus UX300eKOMPAS.com/ADITYO WISNU Lexus UX300e

Sebab saat ini, semua langkah elektrifikasi kendaraan bermotor masih dalam tahap komunikasi internal dan belum bisa diumumkan ke publik.

"Saya tidak bisa detil proses di internal, tunggu saja tanggal mainnya, kami akan kabari. Tapi di motor show kemarin kami sudah tampilkan bZ4X sebagai BEV terbaru Toyota global," kata Anton.

Sebelumnya, pada penampilan perdananya di pameran otomotif nasional bZ4X diklaim mendapatkan animo luar biasa. Hal itu lantas disampaikan ke pihak prinsipal oleh TAM untuk bisa diputuskan langkah-langkah strategis ke depan.

Baca juga: Bahas Spesifikasi Mobil Listrik Toyota bZ4X

Artinya, terdapat kemungkinan untuk bZ4X diluncurkan secara resmi bahkan dijual untuk mengisi line-up kendaraan elektrifikasi Toyota Indonesia.

"Kita membawa bZ4X ini untuk menunjukkan langkah Toyota Indonesia menuju era elektifikasi. Kami pasti meluncurkan BEV, salah satu kandidatnya bZ4X ini," tambah Anton dalam kesempatan terpisah.

Namun mengenai bocoran lebih jauh atas rencana kendaraan listrik murni Toyota di Indonesia, Anton belum bisa mengungkapkannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.