Kompas.com - 16/09/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini viral di media sosial video seorang pria yang mengungkapkan keluhan lantaran cat Hyundai Ioniq 5 miliknya mengelupas. Padahal pemiliknya hanya menempelkan lakban transparan.

Kasus tersebut juga terjadi pada beberapa pemilik Ioniq 5 yang memiliki warna Gravity Gold Matte.

Tim redaksi sudah mencoba menghubungi Makmur, Chief Operating Officer PT Hyundai Motor Indonesia (HMID), terkait permasalah yang menimpa Ioniq 5 itu. Namun, sampai berita ini diturunkan, tidak ada tanggapan dari Makmur.

Baca juga: Viral Soal Cat Hyundai Ioniq 5 Mengelupas, Begini Cara Rawat Cat Dof

Apakah nantinya akan dilakukan recall khususnya dengan warna Gravity Gold Matte. Mengingat populasi mobil yang masih relatif sedikit, seharusnya akan lebih mudah untuk pihak Hyundai umumkan recall dan menghubungi konsumen satu per satu untuk perbaikan.

Sebab bisa saja ada konsumen atau pemilik Hyundai Ioniq 5 yang tidak menggunakan media sosial, sehingga tidak mengetahui permasalahan ini.

Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Hyundai Ioniq 5

Sularsi, Koordinator Bidang Pengaduan dan Hukum Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengatakan, ketika konsumen merasa tidak puas, maka boleh melakukan pengaduan kepada pelaku usaha.

“Konsumen secara legal punya hak untuk didengar pendapatnya. Jika masalah bukan hanya terjadi pada satu, menjadi kewajiban bagi suatu pelaku usaha untuk memberikan informasi ketika ada suatu pengaduan,” ucap Sularsi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (15/9/2022).

Dalam hal ini menurut Sularsi, pihak Hyundai wajib melakukan tindakan preventif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Misal dengan cara melakukan komunikasi melalui media sosial resmi dan ungkapkan permintaan maaf bahwa ada suatu produk yang harus diperbaiki.

Baca juga: Harga BBM Naik, Tren Konversi Motor Listrik Meningkat

“Bisa diinfokan, konsumen dengan nomor produk tipe, jenis, tahun, disebutkan, untuk mendatangi bengkel resmi dan melakukan perbaikan. Hyundai di sini juga harus melakukan koordinasi yang baik dengan bengkel-bengkel yang ditunjuk,” kata dia.

Adapun menurut Sularsi persoalan cat mengelupas ini lebih kepada kepuasan pelanggan yang tidak memengaruhi keamanan dan keselamatan, namun secara artistik cukup mengganggu.

“Kalau cacat produksi itu lebih kepada engine, atau yang memengaruhi sistem keamanan dan keselamatan, seperti pintu yang tidak bisa di kunci (lock),” kata dia.

Dalam hal ini menurut Sularsi, pihak Hyundai wajib melakukan tindakan preventif- seperti recall -untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Misal dengan cara melakukan komunikasi melalui media sosial resmi dan ungkapkan permintaan maaf bahwa ada suatu produk yang harus diperbaiki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.