Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Cat Ioniq 5 Mengelupas, YLKI Sarankan Hyundai Melakukan Recall

Kompas.com - 16/09/2022, 07:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini viral di media sosial video seorang pria yang mengungkapkan keluhan lantaran cat Hyundai Ioniq 5 miliknya mengelupas. Padahal pemiliknya hanya menempelkan lakban transparan.

Kasus tersebut juga terjadi pada beberapa pemilik Ioniq 5 yang memiliki warna Gravity Gold Matte.

Tim redaksi sudah mencoba menghubungi Makmur, Chief Operating Officer PT Hyundai Motor Indonesia (HMID), terkait permasalah yang menimpa Ioniq 5 itu. Namun, sampai berita ini diturunkan, tidak ada tanggapan dari Makmur.

Baca juga: Viral Soal Cat Hyundai Ioniq 5 Mengelupas, Begini Cara Rawat Cat Dof

Apakah nantinya akan dilakukan recall khususnya dengan warna Gravity Gold Matte. Mengingat populasi mobil yang masih relatif sedikit, seharusnya akan lebih mudah untuk pihak Hyundai umumkan recall dan menghubungi konsumen satu per satu untuk perbaikan.

Sebab bisa saja ada konsumen atau pemilik Hyundai Ioniq 5 yang tidak menggunakan media sosial, sehingga tidak mengetahui permasalahan ini.

Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Hyundai Ioniq 5

Sularsi, Koordinator Bidang Pengaduan dan Hukum Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengatakan, ketika konsumen merasa tidak puas, maka boleh melakukan pengaduan kepada pelaku usaha.

“Konsumen secara legal punya hak untuk didengar pendapatnya. Jika masalah bukan hanya terjadi pada satu, menjadi kewajiban bagi suatu pelaku usaha untuk memberikan informasi ketika ada suatu pengaduan,” ucap Sularsi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (15/9/2022).

Dalam hal ini menurut Sularsi, pihak Hyundai wajib melakukan tindakan preventif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Misal dengan cara melakukan komunikasi melalui media sosial resmi dan ungkapkan permintaan maaf bahwa ada suatu produk yang harus diperbaiki.

Baca juga: Harga BBM Naik, Tren Konversi Motor Listrik Meningkat

“Bisa diinfokan, konsumen dengan nomor produk tipe, jenis, tahun, disebutkan, untuk mendatangi bengkel resmi dan melakukan perbaikan. Hyundai di sini juga harus melakukan koordinasi yang baik dengan bengkel-bengkel yang ditunjuk,” kata dia.

Adapun menurut Sularsi persoalan cat mengelupas ini lebih kepada kepuasan pelanggan yang tidak memengaruhi keamanan dan keselamatan, namun secara artistik cukup mengganggu.

“Kalau cacat produksi itu lebih kepada engine, atau yang memengaruhi sistem keamanan dan keselamatan, seperti pintu yang tidak bisa di kunci (lock),” kata dia.

Dalam hal ini menurut Sularsi, pihak Hyundai wajib melakukan tindakan preventif- seperti recall -untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Misal dengan cara melakukan komunikasi melalui media sosial resmi dan ungkapkan permintaan maaf bahwa ada suatu produk yang harus diperbaiki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com