Kompas.com - 16/09/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Subaru XV terbaru yang sekarang beredar di pasaran merupakan generasi kedua. Untuk generasi ketiga, Subaru melepas nama XV dan menggantinya dengan Crosstrek.

Dikutip dari Autoexpress.co.uk, Jumat (16/9/2022), tampilannya berubah cukup signifikan dari XV generasi kedua. Eksteriornya masih sedikit terlihat kemiripan dengan XV, tapi banyak juga bagian yang berubah.

Baca juga: Subaru Bikin Anime untuk Promosikan BRZ STI

Khususnya pada bagian depan, Crosstrek memiliki lampu depan yang lebih sipit, grille lebih besar, dan bumper yang didesain ulang, serta lampu kabut yang baru.

Subaru CrosstrekDok. Autoexpress.co.uk Subaru Crosstrek

Bagian side body moulding tetap dipertahankan, bahkan di area ban dibuat lebih lebar. Sisanya, masih tetap menggunakan warna hitam agar terlihat kontras dan sporty.

Pada bagian belakang, desain lampunya juga ikut berubah. Kali ini, terlihat seperti lampu belakang Outback, tapi sedikit lebih besar.

Baca juga: Adu Performa Subaru XV dengan Honda HR-V RS, Mana Lebih Bertenaga?

Bagian interior juga mengalami perubahan yang cukup banyak. Dasbornya sekarang dilengkapi dengan head unit layar sentuh berukuran 11,6 inci. Ukurannya cukup besar dan dibuat memanjang ke bawah atau portrait.

Subaru CrosstrekDok. Autoexpress.co.uk Subaru Crosstrek

Tapi, pada panel meternya, Subaru masih mempertahankan tampilan analog untuk speedometer dan tachometer. Ubahan lainnya dapat terlihat pada kisi-kisi AC, gagang pintu, hingga konsol tengah.

Terkait dapur pacunya, Crosstrek dibekali dengan mesin hybrid e-Boxer, 2.0 L, yang dipadukan dengan sistem transmisi CVT. Sayangnya, belum ada kepastian berapa tenaga yang dapat dihasilkan mesin tersebut.

Sedangkan untuk sistem penggerak rodanya, tetap menggunakan all-wheel-drive (AWD) sebagai standar.

Subaru CrosstrekDok. Autoexpress.co.uk Subaru Crosstrek

Soal fitur keselamatan dan lainnya, Subaru diyakini tetap menyematkan teknologi EyeSight. Selain itu, terdapat pula kamera 360 derajat, LED cornering lights, dan kamera wide angle.

Sayangnya, Subaru Crosstrek baru diluncurkan di Jepang. Untuk pemasaran di wilayah lain, kemungkinan besar baru akan terjadi pada 2023. Harganya pun belum dirilis.

Untuk Indonesia, PT Plaza Auto Mega (Subaru Indonesia) malah belum lama ini meluncurkan Subaru XV generasi kedua di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. SUV ini ada dua tipe, yakni tipe S dengan harga Rp 449,5 juta (OTR Jakarta) dan EyeSight seharga Rp 499,5 juta (OTR Jakarta).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.