Viral Soal Cat Hyundai Ioniq 5 Mengelupas, Begini Cara Rawat Cat Dof

Kompas.com - 15/09/2022, 13:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, viral di media sosial mobil listrik Hyundai Ioniq 5 yang catnya mengelotok atau mengelupas. Padahal, pemiliknya hanya menempelkan lakban transparan.

Ketika lakban tersebut dicabut, sebagian catnya ikut terkelupas atau mengelotok. Padahal, seharusnya hal tersebut tidak seharusnya terjadi.

Baca juga: Viral, Cat Hyundai Ioniq 5 Terkelupas karena Lakban

Kasus tersebut terjadi pada Ioniq 5 yang memiliki warna Gravity Gold Matte. Soal perawatan cat dof, memang pemilik tidak bisa asal-asalan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bernard Widianto (@bernardwidiant)

 

Aidi, Manager Body Repair Suzuki Gunung Sahari, mengatakan, kalau bahan catnya bagus, seharusnya tidak masalah. Menurutnya, sama saja dengan cat polyurethane lainnya.

"Sebenarnya, tidak ada perlakuan khusus kalau catnya polyurethane. Terutama, jangan dicuci air sabun yang mengandung alkohol," ujar Aidi, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Spesifikasi Ioniq 5, Mobil Listrik Harga Rp 700 Jutaan

Hyundai Ioniq 5 meluncur di IIMS Hybrid 2022Kompas.com/Donny Hyundai Ioniq 5 meluncur di IIMS Hybrid 2022

Aidi menambahkan, cat dof juga tidak boleh dipoles. Sebab, justru akan membuat catnya mengilap.

"Selain itu, jangan juga lakukan coating, karena akan membuatnya mengilap juga," kata Aidi.

Perawatan pada cat dof sebenarnya tidak terlalu sulit. Untuk mencucinya, gunakan air biasa saja sudah cukup, tidak perlu sabun atau shampoo yang khusus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.