Keyou dan Voith Ciptakan Bus Bahan Bakar Hidrogen dan Mild Hybrid

Kompas.com - 15/09/2022, 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Keyou, perusahaan asala Munich, Jerman yang mengembangkan konversi mesin diesel konvensional ke mesin dengan bahan bakar Hidrogen membuat prototipe bus listrik perkotaan bebas emisi. Prototipe tersebut akan dipamerkan pada IAA Transportation 2022 di Hanover Jerman.

Berdasarkan siaran resmi yang redaksi dapatkan Kamis (15/9/2022), prototipe bus ini juga disematkan sistem mild hybrid dari Voith DIWA NXT. Jadi bus dengan panjang 12 meter ini akan bebas emisi tanpa sistem yang begitu rumit.

Sejak 2015, Keyou sudah mengembangkan teknologi khususnya Hidrogen untuk jadi bahan bakar mesin pembakaran dalam atau Internal Combustion Engine (ICE).

Teknologi ini berarti menghasilkan mesin yang bebas emisi, efisien, dan ekonomis tanpa mengkompromikan tenaga, kapasitas penumpang, bahkan jarak tempuh.

Baca juga: Berbagai Standar Keselamatan yang Digunakan Bus Laksana

Sedangkan komponen transmisi otomatis DIWA NXT mild hybrid, meregenerasi energi ketika bus beroperasi. Nantinya energi tadi digunakan untuk mempermudah proses menyalakan mesin bus.

Kombinasi mesin dengan bahan bakar Hidrogen ditambah sistem mild hybrid menciptakan bus yang bebas emisi dengan mengandalkan infrastruktur yang sudah ada. Jadi tidak banyak ubahan struktur pada basis bus yang sudah ada, lebih efisien dalam hal pembuatan.

Baca juga: Polisi di Indonesia Bakal Pakai Kendaraan Dinas Berbasis Listrik

Bus dengan tipe seperti ini tentu bisa jadi alternatif bus listrik di Indonesia. Jadi tinggal lakukan konversi mesin diesel standar jadi bisa menggunakan Hidrogen sebagai bahan bakarnya.

Jadi nantinya kendaraan niaga listrik yang ada di Indonesia tidak cuma berbasis baterai, tapi juga Hidrogen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.