Intip Spesifikasi Nissan Leaf, Hatchback Listrik Harga Rp 600 Jutaan

Kompas.com - 15/09/2022, 12:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo saat ini tengah mempercepat elektrifikasi di Indonesia. Salah satu yang dilakukan untuk mendukung hal tersebut adalah dikeluarkannya Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022, Selasa (13/9/2022).

Inpres tersebut mengatur tentang penggunaan kendaraan motor listrik berbasis baterai sebagai kendaraan dinas operasional dan atau kendaraan perseorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintahan daerah.

Turut mendukung hal tersebut, sejumlah ATPM juga telah mengeluarkan sejumlah mobil hybrid dan listrik untuk masyarakat yang ingin beralih dari kendaraan konvensional.

Baca juga: Instruksi Jokowi, Kendaraan Dinas Pemerintahan Harus Kendaraan Listrik, Bisa Sewa Dulu

Saat ini ada beberapa pilihan mobil listrik dengan harga mulai dari Rp 200 jutaan sampai dengan Rp 1 miliar. Salah satunya adalah hatchback listrik milik Nisaan, Leaf.

Sebelumnya, mobil listrik ini diperkenalkan di Indonesia dalam ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 di Balai Kartini, Jakarta.

Dari sisi dapur pacu, Nissan Leaf mengusung motor listrik dengan tenaga maksimum hingga 110 kW atau setara dengan 150 ps (148 Tk), dan torsi maksimum 320 Nm.

Mobil listrik Nissan Leaf dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Mobil listrik Nissan Leaf dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022).

Baterai yang digunakan ialah baterai lithium-ion 40 kWh. Dalam sekali pengisian daya, mobil ini diklaim dapat menempuh jarak sejauh 311 km.

Waktu pengisian baterainya adalah 12 jam hingga 15 jam, dengan pengisi daya portable 3,3 kWh. Atau, dengan menggunakan home charger AC 7,4 kWh, dengan waktu pengisian daya baterai hingga penuh dalam waktu 5 jam sampai 7 jam.

Untuk akselerasi, Nissan Leaf dapat menempuh kecepatan dari 0-100 kpj hanya dalam waktu 7,9 detik. Kecepatan maksimalnya adalah 155 kpj.

Baca juga: Mulai Besok, DKI Jakarta Hapus Sanksi Administrasi untuk PKB dan BBNKB

Dari sisi keselamatan, mobil ini sudah disematkan Forward Collision Warning (FCW), Forward Emergency Braking (FEB), Intelligent Trace Control (ITC), Vehicle Dynamic Control (VDC), Hill Start Assist (HSA), Dual SRS Airbag, Side Airbag dan Curtain Airbag.

Sejumlah fitur keselamatan lainnya, termasuk Anti-Lock Braking System (ABS) with Brake Assist (BA), Intelligent Around View Monitor (I-AVM) with Moving Object Detection (MOD), Driver Attention Alert (DAA), serta Electronic Parking Brake (E-PKB).

Nissan LeafKOMPAS.com/Ruly Nissan Leaf

Nissan Leaf juga dilengkapi dengan e-Pedal. Ini memungkinkan pengemudi untuk berkendara, akselerasi, deselerasi, dan berhenti dengan menggunakan satu pedal, hanya dengan menambah atau mengurangi tekanan pada pedal gas.

Sebagai informasi, Nissan Leaf 2022 dibanderol mulai Rp 600 jutaan. Berikut ini rincian harganya:

  • Nissan Leaf Electric 2021, Rp 649 juta
  • Nissan Leaf One Tone EV 2022, Rp 728 juta
  • Nissan Leaf Two Tone EV 2022, Rp 730 juta
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.