Spesifikasi Ioniq 5, Mobil Listrik Harga Rp 700 Jutaan

Kompas.com - 15/09/2022, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo telah meminta agar kendaraan dinas pemerintahan baik pusat maupun daerah, untuk menggunakan kendaraan listrik berbasis baterai (battery electric vehicle).

Ketentuan tersebut diatur dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbsis Baterai Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan Atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Saat ini, pilihan mobil listrik di Indonesia sudah bervariasi. Dari segi harga, mobil listrik umumnya dibanderol mulai dari angka Rp 200 jutaan sampai dengan Rp 1 miliar.

Baca juga: Regulasi Jadi Stimulus Konversi Mobil Listrik

Salah satu mobil listrik yang mendapat respon positif dari masyarakat adalah Hyundai Ioniq 5. Ioniq 5 juga menjadi salah satu mobil listrik yang akan digunakan sebagai kendaraan delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Oktober 2022-November 2022.

Mobil listrik ini diklaim sebagai mobil listrik pertama yang diproduksi di Indonesia; dibuat di pabrik Hyundai di Cikarang, Bekasi. 

Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Hyundai Ioniq 5

Meluncur pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 yang lalu, Ioniq 5 tersedia dalam dua varian untuk dua tipe, yaitu Prime Standard Range, Prime Long Range, Signature Standard Range, dan Signature Long Range. Keempatnya menggunakan sistem penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD).

Baterai yang digunaan adalah lithium-ion berkapasitas 58 kWh untuk varian Standard Range, dengan jarak tempuh hingga 384 km. Sedangkan untuk varian Long Range, kapasitasnya adalah 72,6 kWh dengan jarak tempuh 451 km.

Baca juga: Instruksi Jokowi, Kendaraan Dinas Pemerintahan Harus Kendaraan Listrik, Bisa Sewa Dulu

Untuk pengisian daya cepat 350 kW, mobil ini diklaim dapat mengisi baterai dari 10 persen hingga 80 persen hanya dalam waktu 18 menit.

Bicara soal dimensi, mobil ini memiliki panjang 4.635 mm, lebar 1.890 mm, tinggi 1.605 mm, dan jarak sumbu roda 3.000. Bobotnya adalah 2.370 kilogram.

Soal performa, Ioniq 5 diklaim bisa menempuh 0-100 kpj hanya dalam waktu 7,4 detik. Kemudian, top speed mobil listrik ini tembus 185 kpj.

Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Hyundai Ioniq 5

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.