Kompas.com - 14/09/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota GR Yaris yang lebih kencang sedang dalam pengembangan Gazoo Racing. Kabarnya, mesin GR Corolla Morizo yang dijual di Amerika akan disematkan ke ruang mesin GR Yaris.

Kalau dibandingkan, GR Yaris standar yang ada di Indonesia punya mesin 1.6 liter tiga silinder turbo yang menghasilkan 257 Tenaga Kuda (TK) dan torsi 360 Nm. Sedangkan GR Corolla Morizo, punya performa yang lebih baik, yakni 300 TK dan torsi 400 Nm.

Dikutip dari Autocar, selain tenaga dan torsi yang meningkat, penghematan bobot juga akan dilakukan. Misalnya seperti tidak pakai jok belakang, tanpa audio, dan sebagainya.

Baca juga: Diskon Hatchback Awal September 2022, Yaris dan Baleno Tembus Rp 25 JutaBaca juga: Pelihara Toyota Rush GR Sport 5 Tahun, Modal Rp 200.000 pe Bulan

Test Drive Toyota GR YarisKompas Otomotif Test Drive Toyota GR Yaris

Tenaga dan torsi buas ditambah bobot yang ringan, GR Yaris yang kabarnya bakal disebut Morizo ini juga akan punya performa yang apik. Rumornya, 0-100 kpj bisa ditempuh dalam 4,5 detik dan top speed lebih dari 255 kpj.

Gazoo Racing's chief engineer Naoyuki Sakamoto mengatakan, GR Yaris ini juga masih punya ruang untuk disematkan transmisi close ratio milik GR Corolla Morizo.

Belum ada kabar kapan GR Yaris yang lebih buas ini akan hadir di pasar. Selain itu, model GR selanjutnya tetap tidak akan disematkan mode seperti launch control maupun drift mode.

Baca juga: Mengenal Honda U-GO, Skutik Listrik Harga Rp 17 Jutaan


"Kami punya prinsip pada kendaraan yang kendalinya 'natural'. Kalau kontrolnya bagus, maka kami tidak perlu menyiapkan berbagai special mode," ucap Sakamoto.

Selain itu, Sakamoto juga mengonfirmasi pengembangan GR Yaris dengan dua pedal masih berlangsung. Kabarnya, transmisi dual clucth akan disematkan, kemungkinan memiliki delapan percepatan.

Sakamoto mengatakan, GR Yaris dengan transmisi otomatis akan memberi karakter yang sama dengan model manual enam percepatan. Tentunya ada kalibrasi khusus yang dilakukan tim Gazoo Racing untuk mewujudkan hal tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.