Mengenal Honda U-GO, Skutik Listrik Harga Rp 17 Jutaan

Kompas.com - 13/09/2022, 15:54 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Motor Co bakal makin serius menyasar sepeda motor listrik. Prinsipal Honda mengatakan akan menghadirkan setidaknya 10 model motor listrik sampai 2025.

Motor-motor tersebut akan hadir dalam berbagai model. Targetnya juga tidak main-main, secara global Honda menargetkan penjualan 1 juta unit sepeda motor listrik dan mencapai 3,5 juta unit pada 2030.

Salah satu skuter listrik Honda yang sudah hadir sejak tahun lalu ialah Honda U-Go. Motor ini diluncurkan oleh Wuyang Honda, Agen Pemegang Merek (APM) Honda di China.

Baca juga: Honda Siapkan Infrastruktur Battery Sharing Motor Listrik

Skuter listrik Honda U-Go meluncur di ChinaDok. Honda Skuter listrik Honda U-Go meluncur di China

China merupakan pasar sepeda motor listrik terbesar di dunia, moped elektrik dan sepeda elektrik diterima dengan sangat baik sebagai sarana mobilitas yang nyaman digunakan sehari-hari

U-Go dipasarkan dengan dua tipe, yakni regular dan low speed. Desainnya cukup minimalis, tidak banyak lekuk pada bagian bodinya. Di satu sisi, motor listrik ini juga jadi terlihat futuristik.

Dikutip dari Rushlane, ada sistem pencahayaannya, skuter listrik U-Go sudah dibekali dengan teknologi LED, mulai dari lampu utama hingga Daytime Running Light (DRL).

Warna bodi dibuat kontras dengan warna hitam pada beberapa bagian, sepeti area setang, dek tengah, kulit jok, sokbreker, dan peleknya. Aksen hitam ini juga memberikan kesan sporty.

Baca juga: Masih Ada Demo, Simak Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Istana Negara

Rencana pemasaran motor listrik Honda hingga 2025Dok. Honda Rencana pemasaran motor listrik Honda hingga 2025

Fitur motor listrik ini tak hanya memiliki dek tengah yang luas dan kapasitas bagasi di bawah jok hingga 26 liter. U-Go juga memiliki laci di bagian depan, anti-theft alarm, dan soket USB untuk cas gawai.

Spesifikasi U-Go ditenagai dengan baterai Lithium-ion 48V 30Ah. Sedangkan untuk motor listriknya, memiliki daya 1.2 kW. Untuk varian low speed, mendapat motor dengan daya 800W.

Jika kapasitas baterai dalam kondisi penuh, skuter listrik ini diklaim mampu menempuh jarak hingga 65 km. Tapi, U-Go dapat menampung dua baterai sekaligus. Sehingga, daya tempuhnya bisa dua kali lipat, tembus hingga 133 km.

Baca juga: Masih Ada Demo, Simak Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Istana Negara

Skuter listrik Honda U-Go meluncur di ChinaDok. Honda Skuter listrik Honda U-Go meluncur di China

U-Go memiliki kecepatan maksimum yang diklaim dapat mencapai 53 km/jam. Suspensi depannya masih teleskopik. Tapi, suspensi belakang model ganda bisa diatur untuk preload-nya.

Pada sistem pengereman, roda depan sudah menggunakan cakram. Tapi, untuk roda belakang masih mengandalkan rem tromol. Ban depan berukuran 12 inci, sedangkan belakang 10 inci.

Honda U-Go dibanderol cukup terjangkau di China, yakni mulai dari 7.499 yuan China atau sekitar Rp 16,6 jutaan. Tipe tertingginya dibanderol 7.999 yuan China atau sekitar Rp 17,7 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Rushlane


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.