Pemerintah Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik, Ini Kata Pengamat Otomotif

Kompas.com - 14/09/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah saat ini sedang menggencarkan kendaraan listrik di Indonesia.

Bahkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir baru saja mengeluarkan surat dengan No. S-565/MBU/09/2022 yang berisi dukungan BUMN terhadap percepatan program kendaraan listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan.

BUMN berkomitmen untuk melakukan percepatan program kendaraan listrik berbasis baterai baik kendaraan roda dua (motor) maupun roda empat (mobil), mengingat Indonesian pasang target bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 23 persen di 2025. Selain itu, ada juga pemenuhan Net Zero Emission (NZE) di 2060 atau lebih cepat.

Baca juga: Erick Thohir Dukung Percepatan Program Kendaraan Listrik

Dalam surat tersebut, ada berbagai hal yang bisa dilakukan berkenaan dengan pelaksanaan percepatan tersebut baik secara umum dan khusus.

Secara umum mengalokasikan sumber daya di lingkungan grup perusahaan. Di antaranya penyediaan anggaran baterai untuk mendukung percepatan program.

Kemudian, meningkatkan penggunaan berbagai jenis BEV di lingkungan grup perusahaan, sebagai kendaraan dinas direksi dan pimpinan perusahaan.

Selain itu, bisa juga untuk kendaraan operasional perusahaan dan adakan program kepemilikan kendaraan bagi karyawan (car ownership program).

Menanggapi hal ini, Yannes Martinus Pasaribu, pengamat otomotif yang berprofesi sebagai dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) mengatakan, hal ini tentu akan menjadi PR (tugas) besar bagi semua jajaran pemerintah pusat hingga daerah.

“Ini jadi PR besar semua jajaran pemerintah pusat hingga daerah untuk mau tidak mau harus jadi role model (contoh penggunaan kendaraan listrik di Indonesia,” ucap Martinus saat dihubungi Kompas.com, Rabu (13/9/2022).

Menurut Martinus, penggunaan kendaraan listrik di Indonesia harus diimbangi dengan beberapa aspek agar masyarakat mau beralih dari mesin bensin (ICE) ke teknologi elektrifikasi.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.