Harga Baterai Mahal Jadi Kendala Mobil Listrik Berkembang di Indonesia

Kompas.com - 14/09/2022, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga masih menjadi salah satu kendala besar dalam transisi menuju era elektrifikasi kendaraan bermotor di dalam negeri, khususnya untuk moda kendaraan roda empat.

Hal ini diungkapkan oleh Yannes Martinus Pasaribu, pengamat otomotif yang berprofesi sebagai dosen Institut Teknologi Bandung (ITB). Menurutnya, harga mobil listrik yang dipasarkan saat ini masih terlalu mahal.

“Harga baterainya saja mencapai 30-40 persen harga jual kendaraan,” ucap Martinus saat dihubungi Kompas.com, Rabu (13/9/2022).

Baca juga: Erick Thohir Dukung Percepatan Program Kendaraan Listrik

Sebelumnya, ia juga sempat menjelaskan jika harga baterai kendaraan roda empat bertenaga listrik sekarang masih sekitar 135 dolar per kWh.

“Jadi kalau mobil yang 20 kWh baterainya sudah puluhan juta. Kalau motor lebih murah. Harga motor listrik dan motor menggunakan BBM tidak terlalu jauh atau tidak terlalu mahal,” ucapnya.

Ilustrasi baterai mobil listrik Nissan Leafassemblymag.com Ilustrasi baterai mobil listrik Nissan Leaf

Maka dari itu, harga mobil listrik masih jadi halangan. Hal ini lantaran pemerintah juga tidak memberikan subsidi untuk pembelian mobil listrik seperti yang dilakukan oleh negara-negara maju.

Baca juga: Sekolah Mengemudi Belum Bisa Jawab Masalah Tingginya Tingkat Kecelakaan

“Di negara maju pemerintah ikut membantu untuk membayar uang muka. Jadi mulai dari Rp 60 juta sampai ada yang Rp 120 juta tergantung kelas kendaraannya,” kata Martinus.

Sementara itu, di Indonesia saat ini keuntungan membeli mobil listrik, yaitu diberikan PPNBM 0 persen dan bebas ganjil genap hanya untuk wilayah Jakarta saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.