Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajal Performa Toyota Rush GR Sport, Opsi LSUV RWD di Pasar

Kompas.com - 12/09/2022, 10:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Rush GR Sport hadir dengan desain eksterior yang lebih sporty dengan dihiasi banyak logo Gazoo Racing (GR). Bahkan, hingga bagian interiornya yang menandakan mobil ini sebagai tipe tertinggi.

Sport utility vehicle (SUV) ini juga menawarkan kenyamanan berkendara yang cukup baik, bagi pengemudi maupun penumpang. Selain itu, kapasitasnya juga muat banyak, sampai tujuh penumpang.

Baca juga: Ulas Kenyamanan Kabin Toyota Rush GR Sport

Untuk dapur pacunya, Rush GR Sport dibekali dengan mesin berkode 2NR-VE. Mesin yang sama seperti yang digunakan oleh All New Avanza.

Mesin Toyota Rush GR SportKompas.com/Donny Mesin Toyota Rush GR Sport

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 102,5 tk pada 6.000 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya, dapat mencapai 136 Nm pada 4.200 rpm.

Mesinnya dipadukan dengan sistem transmisi otomatis 4-percepatan. Kemudian, tenaganya diteruskan langsung ke roda belakang alias rear wheel drive (RWD).

Baca juga: Bahas Desain Eksterior Toyota Rush GR Sport, Perbedaan Dengan Tipe G

Berbeda dengan LSUV lain yang rata-rata sudah menggunakan sistem penggerak roda depan. Untuk Rush GR Sport, bisa jadi opsi konsumen yang mau punya LSUV mengandalkan sistem RWD.

Toyota Rush GR SportKompas.com/Donny Toyota Rush GR Sport

Salah satu kelebihan mobil RWD, adalah lebih andal ketika harus menghadapi jalan dengan tanjakan yang cukup curam atau sambil membawa beban yang cukup berat.

Dari segi performa, Rush GR Sport juga direkomendasikan untuk digunakan harian di perkotaan. Tenaganya lebih dari cukup untuk mengakomodasi kebutuhan mobilitas sehari-hari.

Baca juga: Harga Pertamax Naik, Isi BBM Penuh Rush Rp 652.500, Creta Rp 725.000

Toyota Rush GR SportKompas.com/Donny Toyota Rush GR Sport

Soal suspensi, memang sejak awal karakter suspensi Rush sedikit keras atau kaku. Saat digunakan untuk melewati permukaan jalan yang rusak atau banyak polisi tidur, mobil ini mungkin kurang begitu nyaman. Sebab, bantingannya sedikit keras.

Tapi, ada sisi positifnya, yakni pada saat melaju di jalan tol, SUV ini dimensinya cukup tinggi, yakni 1.705 mm. Sehingga, dengan didukung suspensi yang sedikit kaku, membuat Rush GR Sport jadi lebih stabil saat melaju di kecepatan tinggi pada trek lurus atau kecepatan sedang di tikungan.

Baca juga: Penjualan LSUV Juli 2022, Rush Pertama Creta Tekuk BR-V

Toyota Rush GR SportKompas.com/Donny Toyota Rush GR Sport

Rush GR Sport saat ini dibanderol dengan Rp 302,2 juta (OTR Jakarta). Sedangkan tipe G yang menjadi tipe terendah, dipasarkan dengan harga Rp 278,8 juta (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com