Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Lebih Detail Motor Listrik Gesit G1

Kompas.com - 13/09/2022, 14:12 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Kenaikan harga BBM membuat sepeda motor listrik menjadi kendaraan alternatif yang paling cocok di Indonesia.

Pasalnya, motor listrik mulai banyak dipasarkan dan kemampuannya juga tidak kalah dari motor konvensional.

Salah satu merek motor listrik di Indonesia adalah Gesits G1 yang memiliki fitur modern berupa digital dasbor lengkap dengan peta. Komponen ini tentu menjawab bahwa motor ini memang futuristik.

Motor listrik ini diklaim sebagai karya anak bangsa karena kerja sama yang dijalin Kementerian Riset dan Teknologi bersama Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Motor listrik ini dirakit di Cilengsi, Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Daftar Harga Motor Listrik di Indonesia, Merek Gesits hingga Alva One

Motor listrik Gesits G1 dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (28/7/2022). Gesits G1 memiliki fitur unggulan salah satunya adalah fitur peta digital yang bisa dinikmati pemilik kendaraan melalui panel indikator. Sehingga, pemilik tidak perlu repot memakai telepon genggam untuk memakai peta selama berkendara.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor listrik Gesits G1 dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (28/7/2022). Gesits G1 memiliki fitur unggulan salah satunya adalah fitur peta digital yang bisa dinikmati pemilik kendaraan melalui panel indikator. Sehingga, pemilik tidak perlu repot memakai telepon genggam untuk memakai peta selama berkendara.

Tampilan Gesits G1 hampir menyerupai motor biasanya dengan lampu yang modern dengan HID Projection lengkap dengan DRL. Untuk beberapa lampu lain seperti lampu kota dan hazard dibekali dengan LED.

Gesits dibekali motor dengan daya 5 Kw bisa menempuh jarak 50 Kilometer (km) untuk baterai tunggal, dan 100 km untuk baterai ganda. Jenis baterai yang digunakan lithium-ion 72 volt dengan kapasitas 20 Ah dengan waktu pengisian 3-4 jam.

Motor listrik Gesits G1 diklaim dapat menghasilkan tenaga sebesar 6.7 tenaga kuda dengan torsi 30 Nm.

Untuk transmisi yang digunakan yaitu pully belt. Motor ini juga terdapat mode pengendaraan meliputi; Eco Mode dengan kecepatan maksimal 45 km per jam, Urban Mode 60 km per jam, dan Sport Mode 70 km per jam.

Baca juga: Komparasi Motor Listrik Alva One dan Gesits G1

Panel indikator motor listrik Gesits G1 saat dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (28/7/2022). Gesits G1 memiliki fitur unggulan salah satunya adalah fitur peta digital yang bisa dinikmati pemilik kendaraan melalui panel indikator. Sehingga, pemilik tidak perlu repot memakai telepon genggam untuk memakai peta selama berkendara.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Panel indikator motor listrik Gesits G1 saat dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (28/7/2022). Gesits G1 memiliki fitur unggulan salah satunya adalah fitur peta digital yang bisa dinikmati pemilik kendaraan melalui panel indikator. Sehingga, pemilik tidak perlu repot memakai telepon genggam untuk memakai peta selama berkendara.

Motor ini dilengkapi dengan fitur keselamatan cukup baik. Mulai dari sistem remnya yang sudah menggunakan rem tipe cakram depan dan belakang sehingga pengereman lebih pakem.

Selain itu, Gesits ini juga dilengkapi dengan suspensi yang hampir sama dengan skutik, dengan peredam kejut tipe telescopic untuk yang depan dan swing arm dengan peredam kejut tunggal untuk yang belakang.

Untuk fitur keamanan, motor ini dilengkapi dengan aplikasi di ponsel yang dapat mengirimkan informasi terkait kendala mesin hingga kondisi baterai. Sehingga, ketika baterai mulai lemah dapat terpantau lewat ponsel.

Baca juga: Intip Spesifikasi Motor Listrik Gesits G1, Harga Mulai Rp 28 Jutaan

Motor listrik Gesits G1 di PEVS 2022KOMPAS.com/Serafina Ophelia Motor listrik Gesits G1 di PEVS 2022

Motor listrik yang dilengkapi fitur canggih ini dibanderol sebesar Rp 28 jutaan dengan garansi 3 tahun. Cukup terjangkau untuk menyiasati kenaikan harga BBM di tanah air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com