Prinsipal Siapkan 10 Motor Listrik, AHM Godok Strategi di Indonesia

Kompas.com - 13/09/2022, 09:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Motor Co bakal serius menggarap pasar sepeda motor listrik. Honda akan menghadirkan 10 model motor listrik pada 2025, hadir dalam berbagai model.

Secara global, prinsipal Honda di Jepang menargetkan peningkatan penjualan tahunan motor listrik menjadi 1 juta unit dalam rentang waktu 5 tahun, dan kemudian 3,5 juta unit atau setara 15 persen total penjualan unit pada 2030.

Baca juga: Konversi Mobil Listrik dan Komponen Apa Saja yang Diubah

Dari Indonesia, Presiden Direktur Astra Honda Motor (AHM) Keiichi Yasuda, mengatakan, untuk mendukung rencana tersebut, pihaknya akan mengumumkan strategi dan roadmap bisnis motor listrik pada tahun ini.

Honda PCX Listrik dipamerkan di acara pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Kamis (1/11/2018). Pameran sepeda motor terbesar di Indonesia ini menghadirkan motor-motor keluaran baru dari berbagai merek, dan akan berlangsung hingga 4 November 2018.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Honda PCX Listrik dipamerkan di acara pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Kamis (1/11/2018). Pameran sepeda motor terbesar di Indonesia ini menghadirkan motor-motor keluaran baru dari berbagai merek, dan akan berlangsung hingga 4 November 2018.

“Kami sudah bekerjasama dengan berbagai pihak dalam riset dan pengembangan sepeda motor listrik dan infrastruktur pendukungnya, termasuk dalam rantai bisnis baterai," kata Keiichi dalam keterangan resmi, Selasa (13/9/2022).

"Paling lambat akhir tahun ini, kami akan menginformasikan strategi dan roadmap bisnis sepeda motor listrik Honda di Indonesia,” ujar Yasuda.

Yasuda mengatakan, keseriusan AHM di motor listrik sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 55 tahun 2019 mengenai Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Tranportasi Jalan.

Baca juga: Mobil Semakin Canggih, Pasar Teknologi LiDAR Meledak di 2030

Rencana pemasaran motor listrik Honda hingga 2025Dok. Honda Rencana pemasaran motor listrik Honda hingga 2025

Yasuda mengatakan AHM telah dan terus melakukan studi agar dapat menghadirkan motor listrik yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Di Indonesia, Honda sudah punya motor listrik PCX Electric yang meluncur pada 2019. Namun motor ini belum dijual untuk umum dan baru dipasarkan dengan sistem sewa ke berbagai perusahaan.

Meski belum dijual retail, Honda PCX Electric sudah diproduksi di pabrik AHM di Sunter, Jakarta Utara. Motor ini memakai dua unit baterai portable yang dapat diisi ulang menggunakan sistem swap dan on board charging.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.