Kompas.com - 13/09/2022, 08:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Motor Co., Ltd. (HMC) mengumumkan rencana bisnisnya ke depan. Termasuk dengan rencana untuk memasarkan motor listrik lebih luas dengan model yang lebih beragam, Selasa (13/9/2022).

Sebelumnya, Honda sudah menggunakan motor listriknya untuk kebutuhan bisnis, belum dijual secara umum. Honda menyebutnya dengan e: Business Bike.

Baca juga: Harga BBM Naik Bisa Dongkrak Minat Beli Motor Listrik

Motor listrik tersebut digunakan di Thailand dan Vietnam oleh perusahaan pos. Untuk Indonesia, motor listrik Honda digunakan oleh perusahaan ojek online, yakni Gojek dan Grab.

Rencana pemasaran motor listrik Honda hingga 2025Dok. Honda Rencana pemasaran motor listrik Honda hingga 2025

Yoshishige Nomura, Managing Officer HMC, mengatakan, untuk penggunaan personal, Honda berencana untuk memperkenalkan dua sepeda motor listrik antara tahun 2024 dan 2025 di Asia, Eropa, dan juga Jepang.

"Memprediksi lingkungan pasar di masa depan, penggunaan, dan perkembangan teknologi yang sedang berlangsung, Honda mengeksplorasi berbagai model penggunaan pribadi di masa depan, termasuk opsi sumber tenaga lain selain baterai swap," ujar Nomura, dikutip dari YouTube Honda Global, Selasa (13/9/2022).

Baca juga: AISI Undang Perusahaan Motor Listrik Non-anggota Ikut IMOS 2022

Nomura menambahkan, moped elektrik dan juga sepeda elektrik menyumbang lebih dari 90 persen penjualan sepeda motor listrik secara global. Diperkirakan jumlahnya mencapai 50 juta unit).

Rencana pemasaran motor listrik Honda hingga 2025Dok. Honda Rencana pemasaran motor listrik Honda hingga 2025

"Di China, pasar sepeda motor listrik terbesar di dunia, moped elektrik dan sepeda elektrik diterima dengan sangat baik sebagai sarana mobilitas yang nyaman digunakan sehari-hari," kata Nomura.

Nomura menambahkan, Honda memiliki ekspektasi bahwa permintaan akan moped elektrik dan sepeda elektrik akan semakin berkembang secara global.

"Honda berencana untuk memperkenalkan lima model moped elektrik dan juga sepeda elektrik yang kompak dan terjangkau dalam waktu saat ini hingga tahun 2024 di Asia, Eropa, dan juga Jepang, selain dengan yang sudah ada di China," ujarnya.

Rencana pemasaran motor listrik Honda hingga 2025Dok. Honda Rencana pemasaran motor listrik Honda hingga 2025

Selain itu, Honda juga memiliki motor listrik yang disebut dengan Fun EV. Jika melihat siluet dari presentasi yang ditampilkan, tampaknya motor listrik tersebut akan setara dengan motor gede (moge) alias big bike.

"Berdasar pada platform sepeda motor listrik FUN yang saat ini berada dalam tahap pengembangan, Honda berencana untuk memperkenalkan total 3 model sepeda motor elektrik FUN berukuran besar di Jepang, AS, dan juga Eropa dalam rentang tahun 2024-2025," kata Nomura.

Tidak hanya fokus pada motor listrik untuk orang dewasa saja. Nomura mengatakan, Honda juga akan memperkenalkan model sepeda motor listrik Fun untuk anak-anak yang didesain untuk memberikan kesenangan berkendara kepada generasi berikutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.