Uji Konsumsi Bahan Bakar Mazda2 Sedan, Tembus 14,7 Kpl

Kompas.com - 13/09/2022, 09:12 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Mazda 2 sedan merupakan salah satu jagoan Mazda di segmen sedan menengah. Apalagi untuk generasi terbaru, model ini sudah dibekali dengan berbagai fitur canggih di kelasnya.

Secara spesifik Mazda 2 sedan dibekali dengan mesin Skyactiv G 1.500 1.496 cc DOHC. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 111 Tk pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak 144 Nm pada 4.000 rpm.

Performa tersebut disalurkan dengan transmisi SkyActiv Drive 6-percepatan otomatis yang juga bisa dioperasikan dengan mode manual.

Baca juga: Bedah Fitur Canggih Mazda 2 Sedan

Redaksi pun diberi kesempatan untuk mengetes Mazda 2 sedan selama beberapa hari. Pengujian termasuk menghitung berapa konsumsi bahan bakar dari sedan asal pabrikan Jepang yang dibanderol dengan harga Rp 338 jutaan ini.

Test Drive Mazda 2 SedanKOMPAS.com/Adityo Wisnu Test Drive Mazda 2 Sedan

Untuk konsumsi bahan bakar yang diukur, terbagi menjadi dua yakni dalam kota dan luar kota. Perhitungan menggunakan MID yang ada di instrument cluster dan diisi dengan bahan bakar RON 90.

Untuk konsumsi bahan bakar dalam kota, Mazda 2 sedan mendapatkan angka 12,3 kilometer per liter (kpl). Hasil ini didapat dengan mobil melaju di daerah perkotaan sejauh 79,5 km.

Kondisi jalan yang dilalui bervariasi, namun didominasi dengan macetnya jalan Ibu Kota, rutenya dari Jakarta Barat ke Tangerang, lalu lanjut ke Jakarta Selatan.

Bisa dibilang, hasil konsumsi BBM tersebut cukup irit, Salah satu hal yang membuat Mazda 2 sedan hemat bahan bakar adalah fitur i-Stop (idling stop system). Sistem ini merupakan idling start stop yang mematikan mesin saat mobil sedang berhenti sesaat. Tentu saat mesin mati, BBM tidak terbakar, jadi lebih hemat.

Konsumsi BBM Mazda 2 sedan dalam kota dan luar kotaKompas.com/ApridaMegaNanda Konsumsi BBM Mazda 2 sedan dalam kota dan luar kota

Selanjutnya, untuk konsumsi bahan bakar luar kota. Mazda 2 sedan meraih angka 14,7 kpl. Angka ini didapatkan dengan mobil melaju di jalan tol dengan kondisi yang beragam sejauh 124 km.

Baca juga: Berapa Suhu AC Mobil yang Ideal Supaya Hemat Bahan Bakar?

Tentu angka konsumsi BBM tersebut terbilang cukup hemat untuk ukuran mobil sedan dengan mesin berkapasitas 1.500 cc dan tenaga yang responsif.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.