Begini Cara Aman Mendahului Kendaraan Besar di Jalan

Kompas.com - 13/09/2022, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mengemudi di jalan raya, pengendara dituntut untuk mengontrol kendaraan secara benar dan bertanggung jawab. Tak terkecuali dalam memperhatikan keselamatan terutama pada saat akan mendahului kendaraan lain.

Dalam mengemudi, pada saat berhadapan dengan kendaraan yang memiliki dimensi besar disarankan untuk tetap berhati-hati dan waspada. Pasalnya kendaraan dengan ukuran yang lebih besar tentu saja memiliki blind spot yang besar pula.

Director and Founder Real Driving Center (RDC) Roslianna Ginting mengatakan, ada beberapa hal yang perlu dipastikan oleh pengemudi pada saat menyalip kendaraan terutama dengan dimensi yang lebih besar.

Baca juga: Berapa Suhu AC Mobil yang Ideal Supaya Hemat Bahan Bakar?

“Pertama harus jaga jarak jauh terlebih dahulu, pastikan kendaraan kita terlihat oleh pengemudi kendaraan besar dari spion mereka. Kemudian lakukan observasi, apakah kondisi di sekitar kita aman untuk mendahului atau tidak,” ucap Roslianna saat dihubungi Kompas.com, Minggu (11/9/2022).

Ilustrasi menyalip trukFoto: Quora Ilustrasi menyalip truk

Misalnya, tidak ada rambu larangan mendahului. Perhatikan juga marka jalan apakah garis putus-putus atau garis menyambung yang artinya tidak boleh melewati marka jalan tersebut.

Langkah selanjutnya adalah berikan tanda melalui sein atau klakson, sehingga kendaraan lain dapat mengetahui rencana kita untuk mendahului. Berikan ruang yang luas antara kendaraan kita dengan kendaraan besar tersebut.

Baca juga: Mobil Listrik Tidak Sepenuhnya Ramah Lingkungan

“Pastikan kendaraan kita berada jauh di depan kendaraan besar (ketika ingin kembali ke lajur), jangan langsung masuk ke posisi kiri terlalu cepat, karena titik butanya cukup besar,” kata dia.

Selain itu, sangat tidak disarankan untuk menyalip pada jalan menikung atau tanjakan dan turunan. Sebab, pada medan jalan tersebut, ada titik buta atau blind spot. Memaksa menyalip pada kondisi jalan tersebut sangat berisiko dan bisa menimbulkan kecelakaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.