Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juara di GP Monza, Max Verstappen Raih 5 Kemenangan Berturut-turut

Kompas.com - 12/09/2022, 17:02 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comMax Verstappen semakin dekat untuk meraih titel Juara Dunia F1 di musim balap 2022, usai kembali menang di GP Monza pada Minggu (11/9/2022).

Total sudah sebelas kemenangan diperolehnya, bahkan 5 kali tanpa henti naik ke puncak podium kemenangan pada musim ini.

Kemenangan yang diraih di GP Monza memperkokoh posisi Verstappen di puncak klasemen sementara Juara Dunia F1 2022, dengan mengantongi 335 poin, unggul 116 poin dari rivalnya di posisi kedua.

Baca juga: Luhut Ingin Percepat Peralihan Penjualan Kendaraan Bermotor ke Listrik

Pebalap Red Bull, Max Verstappen, beraksi di ajang F1 GP Italia di Sirkuit Monza, Minggu (11/9/2022).AFP/CIRO DE LUCA Pebalap Red Bull, Max Verstappen, beraksi di ajang F1 GP Italia di Sirkuit Monza, Minggu (11/9/2022).

“Pada lap awal saya harus berhati-hati, start yang mulus dan tak ada kendala lewati tikungan pertama, serta paling penting tak terlibat masalah,” ujar Verstappen, dalam keterangan tertulis (12/9/2022).

Pebalap asal Belanda ini menegaskan secara keseluruhan kemampuan mobil balap RB18 sepanjang pekan ini, terutama saat balapan, performanya sangat kuat.

“Laju mobil sangat bagus di setiap penggunaan ban dan kita sangat nyaman melesat di sirkuit ini. Anda harus mencoba tampil sesempurna mungkin di tempat sekeren ini, sejauh ini kita tampil bagus,” kata dia.

Baca juga: Apa Itu Pajak Progresif Kendaraan di DKI Jakarta?

Adapun rekan setimya, Sergio Perez, berada di posisi tiga dengan total 210 poin. Sergio Perez yang diharapkan bisa bergabung di podium bersama Verstappen, sayangnya alami kendala di bagian rem kanan yang terbakar.

Bahkan membuat ban tidak rata, mengakibatkan vibrasi dan ini tentunya memengaruhi kecepatan mobil. Meski alami kendala, Perez sempat torehan waktu tercepat saat balapan 1:24,030 detik.

“Pada lap awal gunakan ban kompon keras tak ada kendala temperatur, karena saya harus sudah angkat gas dan meluncur. Banyak kehilangan waktu tapi masih bisa dikompromi. Akibat insiden itu memengaruhi jalannya balapan dan harus menjaga penggunaan ban,” ucap Perez.

Baca juga: Mercedes-Benz Hearse, Mobil Pengangkut Jenazah Ratu Elizabeth II

Pebalap Red Bull, Max Verstappen, tampil dominan di Sirkuit Monza pada ajang F1 GP Italia 2022, Minggu (11/9/2022).AFP/MIGUEL MEDINA Pebalap Red Bull, Max Verstappen, tampil dominan di Sirkuit Monza pada ajang F1 GP Italia 2022, Minggu (11/9/2022).

Sementara itu, Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) Sri Adinegara, mengatakan, kemenangan Max Verstappen menunjukkan kemampuannya sebagai pebalap terbaik Tim Red Bull Racing.

Selain Verstappen, menurut Sri Adinegara, Sergio Perez juga tampil maksimal meski berbagai kendala dihadapi.

“Masih ada enam seri lagi, dan kita nantikan keseruannya di Singapura, semoga saja Verstappen bisa tampil impresif dan mempersembahkan kemenangan,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com