Kompas.com - 30/08/2022, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez hingga kini masih dalam tahap penyembuhan setelah melakukan operasi keempat pada lengannya yang patah di 2020. Dia cerita pernah disuruh untuk pensiun saja dari MotoGP.

Sebelum menjalani operasi keempat, Marquez sudah diizinkan untuk balapan. Dia pun berhasil meraih beberapa podium.

Baca juga: Bicara Soal Masa Depan di Honda, Marquez Ingin Motor Pemenang

Meski demikian, pebalap Repsol Honda ini mengaku tidak nyaman dengan kondisinya. Sebab, dia selalu balapan dengan menahan rasa sakit.

Kondisi lengan Marc Marquez setelah operasi keempatDok. @marcmarquez93 Kondisi lengan Marc Marquez setelah operasi keempat

Setelah diperiksa, diputuskan bahwa operasi keempat perlu dilakukan. Tak sedikit yang khawatir dengan kondisi Marquez apakah benar akan sembuh sepenuhnya.

"Kakek saya bilang pada saya, 'tinggalkan saja, Anda sudah punya cukup untuk hidup, apa yang sudah Anda lakukan sudah terjadi, biarkanlah'," ujar Marquez, dikutip dari Crash.net, Selasa (30/8/2022).

Baca juga: Tak Tunggu Sembuh 100 Persen, Marquez Ingin Langsung Balapan

"Saya janji pada kakek saya, 'ini adalah kesempatan terakhir untuk lengan saya'. Saya bilang padanya, jika ini tidak berhasil, tidak ada tempat lagi di lengan yang bisa dibuka," katanya.

Kondisi lengan Marc Marquez setelah operasi keempatDok. @marcmarquez93 Kondisi lengan Marc Marquez setelah operasi keempat

Marquez menambahkan, saat penyangga lengannya dilepas dan mulai menggerakkan lengannya, dia bisa mengangkat gelas dengan normal. Bahkan, dia bisa makan tanpa perlu mengangkat sikutnya.

"Sekarang, saya makan seperti orang normal, ini hanya hal-hal kecil. Saya belum pernah mengangkat lengan saya hingga 90 derajat selama setahun," ujarnya.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)JAVIER SORIANO Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)

Sekarang, Marquez sudah mendapatkan lampu hijau dari dokter untuk berlatih menggunakan sepeda motor. Dia pun berharap bisa kembali ke atas RC213V untuk balapan lagi secepatnya di musim ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.