Kompas.com - 26/08/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez menekankan bahwa masa depannya dengan Honda tergantung dari RC213V. Dia menginginkan motor yang kompetitif dan bisa bersaing untuk kemenangan.

Untuk diketahui, musim ini Honda sama sekali belum merasakan kemenangan. Bahkan, sulit bagi pebalapnya untuk finis di sepuluh besar.

Baca juga: Berubah Pikiran, Marquez Mau Mulai Balapan Lagi Musim ini

Kemenangan terakhir Honda diberikan oleh Marquez pada musim lalu. Tepatnya, pada MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano, Italia.

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez saat melakukan sesi latihan bebas kedua MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Jumat (27/5/2022). AFP/FILIPPO MONTEFORTE Pebalap Repsol Honda Marc Marquez saat melakukan sesi latihan bebas kedua MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Jumat (27/5/2022).

"Masa depan saya tergantung Honda. Saya punya dua tahun lagi di kontrak saya. Honda adalah Honda, merek yang menjadi mimpi saya dan saya sangat bersyukur pada mereka," ujar Marquez, dikutip dari Crash.net, Kamis (25/8/2022).

Marquez menambahkan, selama dirinya berkompetisi dan merasa bisa bersaing, dia ingin motor yang bisa menang. Tapi, untuk mencapai hal tersebut juga tidak mudah. Maka itu, Marquez mengaku terbuka dengan Honda soal apa yang dibutuhkan RC213V untuk lebih kompetitif.

Baca juga: Marquez Kantongi Izin Latihan, Bakal Balapan di GP San Marino?

"Saya ingin motor yang menang. Tapi, mungkin motor bergaya Marquez, gaya lama dari motor tahun lalu atau dua tahun lalu, tidak akan bekerja sekarang, karena kategorinya berubah," kata Marquez.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)JAVIER SORIANO Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)

Menurutnya, RC213V sebelumnya sangat rendah dan pendek. Tapi, sekarang berubah menjadi lebih panjang dan tinggi. Untuk itu, Honda harus memahaminya.

"Saya hanya mengatakan pada mereka di mana titik kelemahannya, di mana saya kesulitan, dan di mana kita tertinggal dibandingkan motor lainnya," ujarnya.

Baca juga: Berubah Pikiran, Marquez Mau Mulai Balapan Lagi Musim ini

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez (kanan) saat berduel dengan sang adik, Alex Marquez (kiri), dalam balapan MotoGP Portugal 2022 di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, Portugal, pada Minggu (24/4/2022) malam WIB.AFP/GABRIEL BOUYS Pebalap Repsol Honda Marc Marquez (kanan) saat berduel dengan sang adik, Alex Marquez (kiri), dalam balapan MotoGP Portugal 2022 di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, Portugal, pada Minggu (24/4/2022) malam WIB.

Marquez mengatakan, dirinya yakin dan percaya terhadap para teknisi Honda. Jika para teknisi tersebut yakin dengan perubahan yang dilakukan, maka Marquez memercayainya.

"Pengembangan terakhir di motor saya belum coba, tapi terakhir saya membalap di Mugello itu sangat sulit, motor yang sulit. Masalahnya juga besar, bukan masalah kecil," kata Marquez.

Marc Marquez dan pebalap MotoGP lainnya saat menjalani sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Jumat (29/4/2022). AFP/JORGE GUERRERO Marc Marquez dan pebalap MotoGP lainnya saat menjalani sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Jumat (29/4/2022).

Menurut Marquez, hal yang paling penting sekarang bukan di motornya, tapi pada proyeknya, di area koordinasi. Semua informasi di dalam tim harus mengalir dengan cara yang baik, di semua area.

"Saya sepenuhnya percaya pada mereka. Saya melakukan operasi pada lengan agar bisa kembali ke puncak bersama Honda. Itu target saya, tapi untuk mencapai target itu, semua orang harus bekerja di jalur yang sama," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.