Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Penyebab Pedal Kopling Mobil Tiba-tiba Jeblos

Kompas.com - 30/08/2022, 13:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah mobil dilengkapi transmisi manual sehingga komponen kopling masih sering dijumpai. Pengendara perlu memindahkan percepatan secara manual dengan cara menginjak pedal kopling dan memainkan tuas transmisi.

Jadi, tanpa kopling maka perpindahan percepatan transmisi manual tidak bisa dilakukan. Tidak jarang, pedal kopling mengalami los di tengah jalan khusus yang tipe hidrolik. Jadi, ketika perangkat ini diinjak tidak mau menekan kopling dan pedal tidak bisa balik.

Jika hal itu terjadi pada mobil Anda, hal pertama yang perlu dilakukan jangan panik. Segera menepi untuk menghentikan mobil di tempat yang aman sebelum menghubungi bengkel terdekat.

Baca juga: Kenali Tanda-tanda Kopling Mobil Manual Sudah Tipis

Master kopling bawah dalam kondisi rusakAgus Setiawan Master kopling bawah dalam kondisi rusak

Pemilik Markas Oto Spesialis Nissan & Datsun Anom Budi Prasetiyo, mengatakan kopling jeblos disebabkan oleh master kopling bawah untuk tipe hidrolik.

“Jenis kopling manual ada dua, yang digerakkan oleh fluida atau minyak kopling, dan masih menggunakan tali, jika pedal kopling jeblos intinya terjadi hilang hubungan antara pedal dengan mekanisme kopling di dalam transmisi, talinya lepas atau master koplingnya jebol untuk tipe fluida,” ucap Anom kepada Kompas.com, Senin (29/8/2022).

Dia mengatakan beberapa mobil sekarang sudah menggunakan model kopling hidrolis, jadi masalahnya tidak jauh-jauh dari master kopling ketika pedal kopling jeblos.

Baca juga: Risiko jika Melakukan Perbaikan Kopling Setengah-setengah

Ilustrasi tuas transmisi manual mobil ToyotaJames Gilboy/thedrive.com Ilustrasi tuas transmisi manual mobil Toyota

Mobil harus dibawa ke bengkel untuk mengerjakan masalah itu, karena perlu menurunkan transmisi untuk membongkar mekanisme koplingnya,” ucap Anom.

Dia mengatakan beberapa master kopling memang mudah mengalami jebol karena faktanya dia sering menerima mobil dengan permasalahan yang sama.

“Disarankan sih mengganti master kopling bawah dengan yang orisinal, itu lebih aman dan awet, bisa juga menggunakan master kopling orisinal mobil lain dengan melakukan sedikit penyesuaian,” ucap Anom.

Baca juga: Gigi Susah Masuk, yang Bermasalah Kopling atau Transmisi?

Toyota GR Supra akan mendapat opsi sistem transmisi manualDok. Toyota Toyota GR Supra akan mendapat opsi sistem transmisi manual

Dia mengatakan master kopling merupakan komponen yang penting, maka dari itu perlu menggantinya dengan onderdil yang berkualitas tinggi dan presisi.

“Untuk penggantian master kopling yang bagus sendiri harganya mulai Rp 900.000-an untuk part saja, jasa turun transmisi Rp 600.000-an termasuk penggantian minyak kopling,” ucap Anom.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.