Kompas.com - 25/08/2022, 19:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Andrea Dovizioso saat ini jadi pebalap paling senior di kelas MotoGP. Pada usianya yang ke-36, Dovizioso mengaku sudah siap untuk pensiun.

Sebelumnya, Dovizioso sudah memutuskan bahwa dia akan mengakhiri kontraknya dengan Yamaha lebih awal. Bukan pindah tim, melainkan untuk pensiun dari karirnya di MotoGP.

Baca juga: Crutchlow Siap Menggantikan Posisi Dovizioso Sampai Akhir Musim

Padahal, kontraknya baru selesai di akhir musim ini. Tapi, Dovizioso ingin balapan terakhirnya sebagai pebalap MotoGP dilakukan pada MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, Italia.

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2022. (Photo by BAY ISMOYO / AFP)BAY ISMOYO Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2022. (Photo by BAY ISMOYO / AFP)

Alasan dia untuk menyudahi karirnya di Misano adalah karena seri tersebut akan menjadi balapan kandang terakhirnya. Untuk itu, dia ingin merayakannya bersama keluarga dan teman-temannya.

Menurut Dovizioso, lebih baik untuk pensiun lebih awal. Sebab, butuh motivasi yang lebih besar untuk terus balapan hingga akhir musim. Khususnya, karena kondisi motor Yamaha YZR-M1 saat ini jauh dari kompetitif.

Baca juga: Alasan Dovizioso Ingin Pensiun Setelah MotoGP San Marino

Seri berikutnya adalah MotoGP San Marino yang akan digelar pada 4 September 2022. Dovizioso mengaku tidak sabar untuk balapan di Misano.

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021Gold and Goose Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021

"Saya tidak takut atau tidak senang. Saya senang berhenti di Misano. Saya memang ingin seperti itu. Saya tidak sabar untuk mengakhiri karir saya di Misano bersama teman-teman dan keluarga," ujar Dovizioso, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (25/8/2022).

Selama menjadi pebalap MotoGP, Dovizioso sudah berhasil mengoleksi 62 podium, tujuh pole position, dan 15 kemenangan, sejak 2008 hingga sekarang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.