Alasan Dovizioso Ingin Pensiun Setelah MotoGP San Marino

Kompas.com - 07/08/2022, 16:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Andrea Dovizioso sudah bulat tekadnya untuk pensiun. Bahkan, dia menyudahi karirnya lebih awal dari kontraknya dengan Yamaha.

Dovizioso mengatakan, setelah 20 tahun balapan, tidak mudah untuk mengambil keputusan tersebut. Meski demikian, menurutnya musim ini adalah momen yang tepat untuk pensiun.

Baca juga: Dovizioso Memutuskan Pensiun Setelah MotoGP San Marino

"Ketika Anda tidak bisa meraih posisi yang Anda inginkan di tiap sesi dan balapan, maka sebagai pebalap Anda mulai berpikir untuk pensiun dan menyadari, ini adalah momen yang tepat. Itula mengapa saya membuat keputusan ini," ujar Dovizoso, dikuti dari Speedweek.com, Minggu (7/8/2022).

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP Argentina 2022. (Photo by JUAN MABROMATA / AFP)JUAN MABROMATA Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP Argentina 2022. (Photo by JUAN MABROMATA / AFP)

Kontrak Dovizioso dengan Yamaha baru berakhir pada penghujung musim ini. Namun, pebalap asal Italia ini justru ingin menyudahinya lebih awal, tepatnya pada MotoGP San Marino di Italia.

Dovizioso mengatakan, saat libur musim panas dia coba berbicara dengan Yamaha soal keputusannya tersebut. Yamaha pun memahami dan menghargai keputusan Dovizioso untuk pensiun lebih awal.

Baca juga: Dovizioso Sebut Karier Aleix Espargaro Mirip dengan Dirinya

"Sebagai pebalap, tidak memyenangkan ketika Anda memikirkan hal-hal seperti ini dan tidak fokus pada balapan. Ketika Anda merasa tidak kompetitif lagi, Anda mulai memikirkan untuk pensiun terlalu banyak," kata Dovizioso.

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Dia menambahkan, terbesit di pikirannya untuk pensiun di Misano, balapan terakhir kalinya di kandang. Dovizioso mengaku ingin merayakannya bersama teman-temannya dan para penggemar.

Dovizioso menjelaskan mengapa tidak menunggu hingga kontraknya selesai. Menurutnya, dia membutuhkan motivasi yang besar untuk terus balapan. Dengan kondisinya yang sekarang, maka lebih baik untuk pensiun lebih awal.

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2022. (Photo by BAY ISMOYO / AFP)BAY ISMOYO Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2022. (Photo by BAY ISMOYO / AFP)

"Tapi, saya ingin hubungan dengan Yamaha tetap baik, maka itu saya terbuka dengan keputusan ini, ada pertemuan untuk membicarakan hal ini," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.