Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Husqvarna Norden 901 Resmi Meluncur di Indonesia

Kompas.com - 25/08/2022, 16:22 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Husqvarna Norden 901 resmi meluncur di Indonesia. Motor asal Swedia yang kini dimiliki perusahaan Austria itu akan meramaikan segmen motor petualang yang sedang naik daun.

Abdul Gofur Amancik General Manager Divisi Street PT Premium Motorindo Abadi (PMA), pemegang merek Husqvarna di Indonesia, mengatakan, motor ini meluncur untuk para penggemar di Indonesia.

"Ada beberapa pertimbangan pertama, kita melihat Norden ini bukan sesuatu yang dipasarkan secara masif," kata Gofur di Jakarta, Kamis (25/8/2022).

Baca juga: Alasan Pemilik Kendaraan Enggan Bayar Pajak Progresif

Motor adventure kelas berat Husqvarna Norden 901 resmi meluncur di Indonesia. KOMPAS.com/Adityo Motor adventure kelas berat Husqvarna Norden 901 resmi meluncur di Indonesia.

"Kami melihat acara besar seperti PRJ (Jakarta Fair) dan GIIAS, tidak spesifik dengan posisi merek kami, PRJ lebih masif dan GIIAS lebih ke mobil. Kami tadinya mau launching di IMoS tapi terlalu lama, kami kerjasama dengan sektoral kedutaan Austria di divisi komersial trade," kata dia.

Gofur mengatakan Norden 901 datang dalam unit terbatas. Harganya Rp 500 jutaan off the road (OTR).

Norden 901 merupakan motor adventure kelas berat Husqvarna yang pertama kali ditampilkan sebagai konsep di EICMA Motorcycle Show 2019 di Milan, Italia.

Norden 901 memakai basis mesin dari KTM 890 Adventure. Meski demikian keduanya punya gaya yang berbeda, 890 Adventure lebih agresif sengan Norden 901 lebih klasik. Tampilannya sedikit mengingatkan bentuk motor reli.

Baca juga: Marquez Kantongi Izin Latihan, Bakal Balapan di GP San Marino?

Husqvarna Norden 901Foto: Visordown Husqvarna Norden 901

Mesinnya 899 cc, paralel twin dengan balancer shaft ganda untuk meminimalkan getaran. Mesin 2-silinder tersebut mampu menghasilkan 103 tk membuatnya setara dengan Honda NT1100.

Suspensi depan memakai WP APEX dengan jarak main 220 mm. Pelek jari-jari dibalut ban tubeless Pirelli Scorpion Rally STR berukuran 21 inci di depan dan 18 inci di belakang.

Sistem pengereman didukung oleh Bosch Cornering ABS yang dapat diganti dengan mode Street dan Off-road dan fitur Cornering Motorcycle Traction Control (MTC) yang sensitif pada sudut miring.

Norden 901 punya 3 mode berkendara yang dapat dipilih yaitu street, rain, offroad. Dengan tangki bahan bakar berkapasitas besar 19 L menyediakan jangkauan yang lebih jauh hingga 400 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com