Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Baterai Mobil Listrik Hyundai dan LG di Karawang Beroperasi 2024

Kompas.com - 25/08/2022, 18:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.comHyundai Motor Group dan LG Energy Solution Ltd. telah memulai pembangunan pabrik sel baterai kendaraan listrik di Indonesia.

Dilansir dari Yonhap (25/8/2022), pabrik baterai mobil listrik ini dibangun di wilayah Karawang, Jawa Barat. Pabrik tersebut rencananya akan memulai produksi pada tahun 2024.

Pabrik bersama ini sebelumnya direncanakan memproduksi sel baterai senilai 10 gigawatt hour per tahun.

Jumlah tersebut diklaim bisa menyuplai lebih dari 150.000 mobil listrik. Kedua perusahaan juga akan meningkatkan kapasitasnya hingga 30 gigawatt hour.

Baca juga: Daftar Mobil Terlaris di GIIAS 2022

Foto stok: Mobil listrik Hyundai Ioniq 5.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Foto stok: Mobil listrik Hyundai Ioniq 5.

Dalam proyek tersebut, kedua perusahaan Korea Selatan ini mendapatkan dana pinjaman sebesar 710 juta dollar AS atau setara Rp 10,5 triliun.

Secara total, perusahaan patungan itu mengucurkan dana 1,1 miliar dollar AS atau setara Rp 16,3 triliun untuk pabrik baterai EV di Karawang.

Laporan Yonhap juga menyebutkan, dana tersebut mereka dapatkan dari lima perusahaan keuangan internasional yang berbeda dengan jangka waktu hingga 10 tahun.

Baca juga: Yamaha Siapkan E-Vino Terbaru dengan Jarak Tempuh Lebih Jauh

Nantinya Hyundai Motor Co, Kia Corp, Hyundai Mobis Co dan LG bakal memberikan jaminan hutang sebanding dengan nilai saham mereka, dalam proyek pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik di Indonesia.

Sedangkan perusahaan asuransi perdagangan yang berbasis di Seoul, Korea Trade Insurance Corp, juga akan memberikan jaminan kredit dalam proses pendirian pabrik baterai EV tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.