Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Motor Listrik Alva Bungkam Saat Ditanya SPK di GIIAS | Perbedaan Model Tuas Transmisi Mobil Matik Zig-zag dan Lurus?

Kompas.com - 24/08/2022, 06:05 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Merek roda dua Alva yang meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 cukup mengejutkan pasar motor listrik nasional dengan meluncurkan skutik gambot, Alva One.

Kehadiran Alva One agak berbeda dengan motor listrik lainnya. Pertama, Alva hadir di hall utama GIIAS 2022, yang dihuni merek besar roda empat.

Kondisi yang biasanya ditolak Gaikindo sebagai penyelenggara acara, yakni menempatkan produsen motor satu lokasi dengan mobil pada satu hall. 

Baca juga: Pemerintah Berencana Alihkan Anggaran Subsidi BBM ke Kendaraan Listrik

Selain itu, bila diperhatikan, tiap mobil matik memiliki model tuas transmisi yang berbeda-beda. Paling sering ditemui adalah model gate dengan alur zig-zag dan yang satu lagi berbentuk lurus atau biasa disebut model straight.

Lantas, adakah perbedaan dari segi fungsinya?

Menjawab hal ini, Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri mengatakan, dari segi fungsi dua model transmisi tersebut tak berbeda.

Baca juga: Investasi Tesla ke Indonesia Mandek, Pemerintah Akan Temui Elon Musk

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa, 24 Agustus 2022 :

1. Motor Listrik Alva Bungkam Saat Ditanya SPK di GIIAS

Motor listrik Alva One dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Motor ini jadi salah satu produk lokal yang bakal meramaikan pasar motor tahun ini.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor listrik Alva One dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Motor ini jadi salah satu produk lokal yang bakal meramaikan pasar motor tahun ini.

Kemudian dari segi produk, Alva langsung masuk ke segmen menengah ke atas yang dibanderol Rp 34,99 juta, dengan kualitas yang terasa lebih baik dari motor listrik kebanyakan.

Meski begitu, Ilectra Motor Group (IMG) selaku APM motor listrik Alva, masih bungkam ketika ditanya mengenai jumlah SPK di ajang GIIAS 2022.

Rainier Haryanto, Managing Director IMG, saat ditanya mengenai penerimaan Alva di ajang GIIAS, tidak ingin mengungkapkan secara pasti. Termasuk soal model yang diminati hingga kapan motor ini mulai dikirim ke konsumen.

Baca juga: Motor Listrik Alva Bungkam Saat Ditanya SPK di GIIAS

2. Perbedaan Model Tuas Transmisi Mobil Matik Zig-zag dan Lurus?

Tuas transmisi mobil matik- Tuas transmisi mobil matik

Hanya saja memang dari segi teknik pengoperasiannya harus dipahami lebih dulu oleh pengendara.

"Fungsi keduanya sama, beda yang paling mencolok ada pada penggunaan. Kalau biasanya pakai model zig-zag terus pindah model straight harus adaptasi dulu," ucap Bambang kepada Kompas.com, Senin (22/8/2022).

Untuk pengoperasian model zig-zag atau gate, dijalankan secara bersusun seperti anak tangga. Jadi saat pengguna ingin memindahkan dari posisi P ke D atau ke posisi lainnya, harus dilakukan mengikuti jalur yang disedikan.

Baca juga: Perbedaan Model Tuas Transmisi Mobil Matik Zig-zag dan Lurus?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com