Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trijaya Union Rilis Bodi Manhauler Baru dengan Nama Sahara 4x4

Kompas.com - 23/08/2022, 19:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kalau bicara kendaraan pengangkut karyawan tambang, tentu tidak asing dengan yang namanya manhauler. Biasanya, desain dari bodi manhauler cukup sederhana, tidak neko-neko.

Tapi, berbeda dengan manhauler keluaran Karoseri Trijaya Union yang bermarkas di Tangerang. Bodi dengan nama Sahara 4x4 ini tampil berbeda sebagai bus karyawan di area tambang.

Jika biasanya bus karyawan tambang cuma satu warna yakni putih, Sahara buatan Trijaya Union ini memakai warna dual tone. Selain itu, desain depannya juga unik, terkesan modern dengan model lampu terpisah.

Baca juga: Pengemudi Bus Tanpa Mental Selamat, Jadi Penyebab Marak Kecelakaan

Sahara 4x4 buatan Karoseri Trijaya UnionDOK. TRIJAYA UNION Sahara 4x4 buatan Karoseri Trijaya Union

Sahara dari Trijaya Union ini dipasang ke sasis Mitsubishi FE71 GBC dengan penggerak 4x4. Oleh karena itu, di bagian depan atau grille, tertulis 'FUSO', menandakan sasis yang digunakan.

Dhimas Yuniarso, Direktur Utama Karoseri Trijaya Union mengatakan, Sahara diciptakan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan yang memiliki area kerja di medan khusus atau berat seperti perkebunan sampai tambang.

"Sahara diciptakan dengan kekuatan dan keamanan ekstra, agar pemiliknya dapat menggunakan secara tepat," ucap Dhimas dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Senin (22/8/2022).

Baca juga: Mengenal Lagi Arti Angka dan Huruf pada Tuas Mobil Matik

Dhimas mengatakan, Sahara yang dirilis kali ini akan digunakan oleh PT Kaltim Diamond Coal sebagai kendaraan operasional di Kalimantan.

"Kapasitas Sahara bisa mengangkut 19+1 orang. Dilengkapi dengan AC Denso M30 dan lantai full aluminium yang awet," ucapnya.

Selain itu, fitur lain yang hadir di Sahara ini adalah lampu depan dengan DRL dan LED Daymaker. Penggerak 4x4 sebagai opsi dengan ban M/T sampai aproach dan departure angle yang besar serta ground clearence tinggi.

Kemudian, agar lebih aman lagi, tersedia opsi Roll Over Protection System Frame yang menjaga bodi tetap aman jika terguling.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com