Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/08/2022, 07:22 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com – Merek roda dua Alva yang meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 cukup mengejutkan pasar motor listrik nasional dengan meluncurkan skutik gambot, Alva One.

Kehadiran Alva One agak berbeda dengan motor listrik lainnya. Pertama, Alva hadir di hall utama GIIAS 2022, yang dihuni merek besar roda empat. Kondisi yang biasanya ditolak Gaikindo sebagai penyelenggara acara, yakni menempatkan produsen motor satu lokasi dengan mobil pada satu hall.

Kemudian dari segi produk, Alva langsung masuk ke segmen menengah ke atas yang dibanderol Rp 34,99 juta, dengan kualitas yang terasa lebih baik dari motor listrik kebanyakan.

Meski begitu, Ilectra Motor Group (IMG) selaku APM motor listrik Alva, masih bungkam ketika ditanya mengenai jumlah SPK di ajang GIIAS 2022.

Baca juga: Naik Podium di MotoGP Austria, Miller Angkat Topi Buat Quartararo

Alva OneKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Alva One

Rainier Haryanto, Managing Director IMG, saat ditanya mengenai penerimaan Alva di ajang GIIAS, tidak ingin mengungkapkan secara pasti. Termasuk soal model yang diminati hingga kapan motor ini mulai dikirim ke konsumen.

Ia hanya menanggapi soal penghargaan bagi merek-merek roda dua pada pameran yang lalu. Seperti diketahui, Alva mendapatkan salah satu kategori penghargaan, yakni Daily Bike terfavorit yang jatuh kepada motor listrik Alva One.

“Penerimaan konsumen terhadap Alva sangat baik, hal ini terbukti dengan Alva memenangkan award ‘Favorite motorcycle’, dalam kategori ‘Daily Bike’ yang diberikan oleh GIIAS 2022,” ujar Rainier, kepada Kompas.com, Senin (22/8/2022).

Baca juga: Ini Lama Masa Berlaku Hasil Uji Emisi Kendaraan Bermotor

“Selain itu Alva juga berhasil masuk nominasi booth terbaik bertema ‘Independence Day’ saat Hari Kemerdekaan, 17 Agustus 2022 lalu,” ucap dia.

Sebelumnya, Presiden Direktur IMG Purbaja Pantja, mengatakan, meski sudah meluncur pihaknya mengatakan belum menentukan target penjualan.

"Kita belum ada target, dalam arti kita sudah siapkan kapasitasnya, kita sudah siapkan pabriknya. Anomalinya kita lihat dari pasar seperti apa. Mudah-mudahan kita bisa menjual lebih cepat," ujar Purbaja di ICE BSD City, Jumat (12/8/2022).

Baca juga: Motor Listrik di GIIAS 2022 Hanya Keperluan Ekshibisi

Alva One meluncur dengan harga dengan Rp 34,9 jutaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Alva One meluncur dengan harga dengan Rp 34,9 juta

Menurut Purbaja, target tersebut merupakan angka internal yang tidak bisa dibuka sekarang. Adapun mengenai waktu pengiriman pertama rencananya dilakukan pada November 2022.

"Secara internal secara target, tapi target itu tidak bisa saya sampaikan saat ini. Tapi mungkin salah satunya dari GIIAS ini kita bisa membuka sedikit banyak dari GIIAS 2022, tunggu tanggal mainnya. Sehingga kita bisa berjalan dengan baik," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.