Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTM Siapkan Supercar, Tenaganya Tembus 600 HP

Kompas.com - 23/08/2022, 18:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - KTM lebih banyak dikenal sebagai pabrikan sepeda motor yang berasal dari Austria. Belum lama ini, KTM diketahui sedang mengembangkan mobil supercar.

Sebelumnya, KTM sudah membuat mobil, tapi hanya untuk balap saja, yakni GTX dan GT2. Untuk mobil yang sedang dikembangkan ini diberi nama X-Bow GT-XR. Mobil dengan desain eksotis ini merupakan replika dari GTX dan GT2, tapi legal untuk digunakan di jalan raya.

Baca juga: Resmi, Pol Espargaro Kembali ke KTM Musim Depan

Dikutip dari Autocar.co.uk, Selasa (23/8/2022), KTM sudah menguji X-Bow GT-XR di Sirkuit Nurburgring. Kabarnya, tes tersebut merupakan yang terakhir kalinya dilakukan sebelum diluncurkan ke publik.

KTM X-Bow GT-XRDok. Autocar.co.uk KTM X-Bow GT-XR

Pada bagian depannya, terlihat KTM sudah memberikan ruang untuk pelat nomor di antara intake di bagian bumper. Pada media sosial Instagram, KTM juga sudah menunjukkan bagian depan dan samping mesin.

Agar legal digunakan di jalan raya, lampu depan dengan teknologi LED sudah disematkan. Lalu, sayap belakang X-Bor GT-XR dibuat sedikit lebih kecil dan lebih bulat dibandingkan versi balapnya.

Baca juga: KTM-Bajaj Bakal Kolaborasi Bikin Motor Listrik High End

Sayap tersebut tentunya dapat meningkatkan downforce. Artinya, mobil ini tidak hanya bisa digunakan di jalan raya, tapi bisa digunakan untuk track day. Sesuai dengan slogan KTM, yakni 'Ready to Race'.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KTM X-BOW (@ktm_xbow)

KTM juga dikabarkan menyematkan banyak teknologi canggih, yang meliputi keselamatan dan kenyamanan. Sehingga, bobotnya juga lebih berat dari versi balapnya. Bobotnya diklaim mencapai 1.043 kg.

Kabarnya, KTM X-Bow GT-XR akan dibekali dengan mesin 5-silinder, 2.5 liter turbocharged, yang diposisikan di bagian tengah.

Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga hingga 600 tk. Untuk harganya, mobil ini diperkirakan tembus 230.000 euro atau sekitar Rp 3,4 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com