Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMI Dorong Peserta Street Race Buat Ikut Balapan Resmi

Kompas.com - 23/08/2022, 15:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Balap liar legal yang di fasilitasi Polda Metro Jaya, Street Race seri ke-4 akan digelar akhir pekan ini di Jl H Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta pada 27-28 Agustus 2022.

Polda Metro Jaya menggandeng Ikatan Motor Indonesia (IMI). Eddy Saputra selaku Pengurus Roda Dua di PP IMI dan senior di dunia balap motor menyebut balapan kali ini akan berbeda.

“Bedanya kali ini Street race diikuti dan dilaksanakan oleh pembalap pembalap liar yang memang sesungguhnya komunitas balap liar di jalanan," kata Edy dalam keterangan resmi, Selasa (23/8/2022).

Baca juga: Kenapa Transmisi AGS Ada Efek Jeda saat Perpindahan Gigi?

Street Race, ajang balap liar tapi legal yang difasilitasi oleh Polda Metro Jaya. Foto: Polda Metro Jaya Street Race, ajang balap liar tapi legal yang difasilitasi oleh Polda Metro Jaya.

"Mereka akan bekerja sama dengan pihak IMI DKI. Jadi pak Kapolda Metro Jaya dan team hanya menfasilitasi tempat nyasaja,” kata Eddy.

Eddy mengatakan, IMI selaku regulator akan terus bekerja sama dengan para stakeholder, khususnya Polda Metro Jaya agar para pecinta balap liar ini bisa beralih ke balap resmi.

“Kami mengapresiasi pihak Polda yang menfasilitasi kegiatan balap liar ini, dengan maksud dan tujuannya adalah untuk mengurangi balap liar di jalan raya dan menghindari kerugian di pihak lain," kata dia.

"Jadi dalam kegiatan ini pihak IMI selalu mengimbau dan mengedukasi komunitas ini untuk ikutan di balap resmi,” ungkap Eddy.

Baca juga: Ini Kisaran Biaya Uji Emisi Kendaraan Bermotor

Tim Sunmori BMC Racing Bogor full team di Street Race BSD Tangerang, Sabtu (23/4/2022).KOMPAS.com/ANNISA RAMADANI SIREGAR Tim Sunmori BMC Racing Bogor full team di Street Race BSD Tangerang, Sabtu (23/4/2022).

“Sekarang balap drag bike resmi tingkat daerah dan nasional sudah ada, jadi kegiatan ini adalah menampung komunitas balap liar di jalan raya demi mengurangi resiko kecelakaan di jalanan,” kata dia.

Pada Street Race seri ke-4, para pembalap akan disuguhkan trek lurus sepanjang 500 meter. Beberapa kelas yang dibuka mulai dari kelas matik, bebek 4-tak, juga motor 2-tak.

Selain itu dijelaskan Kombes Latif, pada acara tersebut juga ada beberapa kegiatan selain street race, di antaranya ada gelaran tinju, eksibisi motor gede, vaksin booster dan bazzar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com