Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMI Dorong Peserta Street Race Buat Ikut Balapan Resmi

Kompas.com - 23/08/2022, 15:41 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Balap liar legal yang di fasilitasi Polda Metro Jaya, Street Race seri ke-4 akan digelar akhir pekan ini di Jl H Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta pada 27-28 Agustus 2022.

Polda Metro Jaya menggandeng Ikatan Motor Indonesia (IMI). Eddy Saputra selaku Pengurus Roda Dua di PP IMI dan senior di dunia balap motor menyebut balapan kali ini akan berbeda.

“Bedanya kali ini Street race diikuti dan dilaksanakan oleh pembalap pembalap liar yang memang sesungguhnya komunitas balap liar di jalanan," kata Edy dalam keterangan resmi, Selasa (23/8/2022).

Baca juga: Kenapa Transmisi AGS Ada Efek Jeda saat Perpindahan Gigi?

Street Race, ajang balap liar tapi legal yang difasilitasi oleh Polda Metro Jaya. Foto: Polda Metro Jaya Street Race, ajang balap liar tapi legal yang difasilitasi oleh Polda Metro Jaya.

"Mereka akan bekerja sama dengan pihak IMI DKI. Jadi pak Kapolda Metro Jaya dan team hanya menfasilitasi tempat nyasaja,” kata Eddy.

Eddy mengatakan, IMI selaku regulator akan terus bekerja sama dengan para stakeholder, khususnya Polda Metro Jaya agar para pecinta balap liar ini bisa beralih ke balap resmi.

“Kami mengapresiasi pihak Polda yang menfasilitasi kegiatan balap liar ini, dengan maksud dan tujuannya adalah untuk mengurangi balap liar di jalan raya dan menghindari kerugian di pihak lain," kata dia.

"Jadi dalam kegiatan ini pihak IMI selalu mengimbau dan mengedukasi komunitas ini untuk ikutan di balap resmi,” ungkap Eddy.

Baca juga: Ini Kisaran Biaya Uji Emisi Kendaraan Bermotor

Tim Sunmori BMC Racing Bogor full team di Street Race BSD Tangerang, Sabtu (23/4/2022).KOMPAS.com/ANNISA RAMADANI SIREGAR Tim Sunmori BMC Racing Bogor full team di Street Race BSD Tangerang, Sabtu (23/4/2022).

“Sekarang balap drag bike resmi tingkat daerah dan nasional sudah ada, jadi kegiatan ini adalah menampung komunitas balap liar di jalan raya demi mengurangi resiko kecelakaan di jalanan,” kata dia.

Pada Street Race seri ke-4, para pembalap akan disuguhkan trek lurus sepanjang 500 meter. Beberapa kelas yang dibuka mulai dari kelas matik, bebek 4-tak, juga motor 2-tak.

Selain itu dijelaskan Kombes Latif, pada acara tersebut juga ada beberapa kegiatan selain street race, di antaranya ada gelaran tinju, eksibisi motor gede, vaksin booster dan bazzar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.