Kompas.com - 23/08/2022, 15:01 WIB
|

TANGERANG, KOMPAS.com – Pilihan mobil listrik di Indonesia semakin beragam. Harga yang ditawarkan juga semakin bervariasi, mulai puluhan juta rupiah hingga miliaran rupiah.

Pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 misalnya, ada empat mobil listrik baru yang diluncurkan.

Keempat mobil itu adalah Wuling Air ev, BMW i4 dan iX, serta Porsche Taycan S Turbo. Keempat model ini jelas melengkapi dan menambah pilihan yang sudah ada sebelumnya.

Baca juga: Motor Listrik Alva Bungkam Saat Ditanya SPK di GIIAS

BMW iX dan i4@chongky BMW iX dan i4

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, mengatakan, animo masyarakat terhadap mobil listrik semakin meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Pemerintah itu mengharapkan yang namanya electric car, kendaraan-kendaraan yang lebih bersih emisi dan tidak menggunakan bahan bakar fosil itu ditonjolkan. Kita telah melakukan hal ini,” ujar Nangoi di ICE BSD City (20/8/2022).

Nangoi menambahkan, sederet mobil listrik yang ditawarkan APM jadi bukti bertambahnya permintaan konsumen. Walaupun demikian, banyak di antaranya yang masih inden atau belum dikirim ke konsumen.

Baca juga: Perlu Diantisipasi, Ini 5 Masalah Umum yang Sering Terjadi pada Mobil

“Anda bisa lihat bahwa animo masyarakat yang test drive itu ada 400-500 sehari, puncaknya hampir 1.000. Tinggi sekali per harinya,” kata dia.

Sementara itu, penyelenggara juga mencatat total ada lebih dari 10.000 pengujung telah mencoba dan merasakan langsung sensasi kendaraan listrik.

Baik kendaraan penumpang, kendaraan komersial, maupun sepeda motor di area GIIAS EV Test Track sepanjang pameran berlangsung.

Baca juga: Mengenal Lagi Arti Angka dan Huruf pada Tuas Mobil Matik

Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (13/8/2022).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (13/8/2022).

“Antusiasme masyarakat terhadap teknologi terkini dari industri otomotif Indonesia sangat luar biasa tahun ini, tecatat 385.487 pengunjung hadir disepanjang penyelenggaraan GIIAS 2022,” ucap Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GIIAS 2022 (22/8/2022).

“Selain teknologi otomotif terkini, area EV Test Track juga menjadi magnet bagi para pengujung GIIAS 2022,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.