Kompas.com - 23/08/2022, 12:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik kendaraan bermotor yang kendaraannya berusia lebih dari tiga tahun wajib melakukan uji emisi kendaraan. Ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir efek rumah kaca khususnya di kawasan Ibu Kota DKI Jakarta.

Tes ini juga menjadi salah satu cara untuk mengetahui tingkat efisiensi pembakaran dalam mesin kendaraan. Pemilik kendaraan yang tidak melakukan uji emisi atau kendaraannya belum lulus uji emisi, bisa dikenakan sanksi tilang.

Ada beberapa pilihan tempat untuk melakukan uji emisi kendaraan. Melalui bengkel uji emisi yang tersebar di sejumlah titik di Jakarta, kios uji emisi, kendaraan uji emisi (mobile), dan Kantor Dinas Lingkungan Hidup.

Baca juga: Bengkel Resmi di Jakarta Harus Punya Alat Uji Emisi Kendaraan

Ada beberapa tahap yang akan dilalui saat pengujian emisi. Pertama, petugas akan memasang alat pendeteksi gas pada knalpot. Perlu diingat, kendaraan yang diuji harus dalam posisi hidup.

Kemudian, alat elektronik di dalam kendaraan tidak dalam keadaan menyala; seperti pendingin udara, lampu, ataupun radio.

Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Timur membuka layanan uji emisi kendaraan secara gratis di Brigif 1 PIK/Jayasakti, Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo, Rabu (3/11/2021).Dok. Sudin LH Jaktim Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Timur membuka layanan uji emisi kendaraan secara gratis di Brigif 1 PIK/Jayasakti, Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo, Rabu (3/11/2021).

Baca juga: Kebiasaan Buruk Pengguna Skutik yang Bikin CVT Berusia Pendek

Alat kemudian akan mendeteksi karbon monoksida, hidrokarbon, karbon dioksida, oksigen, dan nitrogen oksida selama 5-7 menit. Kadar kandungan zat asap dicatat setelah pengujian selesai.

Setelah itu, jika kendaraan dinilai lulus uji emisi, maka pemilik kendaraan akan diberikan bukti lulus uji emisi.

Tarif uji emisi mobil bervariasi di antara Rp 150.000 hingga Rp 200.000, tergantung dari masing-masing tempat uji emisi. Belum ditentukan tarif batas atas maupun batas bawah uji emisi di DKI Jakarta.

Sedangkan untuk uji emisi sepeda motor, tarif umumnya setengah dari kisaran tarif uji emisi mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.