Kompas.com - 23/08/2022, 14:41 WIB
|

TANGERANG, KOMPAS.com – Motor ikonik Honda ST125 Dax telah mencuri perhatian para pecinta motor yang ingin melengkapi hobi berkendara. Pada ajang GIIAS 2022, motor bergaya unik ini langsung habis terjual.

Dalam siaran resmi PT Astra Honda Motor (AHM), Senin (22/8/2022), disebutkan bahwa ST125 Dax berhasil membukukan penjualan 127 unit selama 11 hari pameran.

Melihat angkanya memang tak sebanyak Vario Series yang terjual 359 unit (Vario 160 dan Vario 125) atau Beat series sebanyak 280 unit.

Baca juga: Perbandingan Rasa Berkendara Suzuki S-Presso dan Daihatsu Ayla

Honda ST125 Dax meluncur di Indonesia Honda ST125 Dax meluncur di Indonesia

Namun jika mengingat harganya yang mencapai Rp 81.750.000 on the road (OTR) Jakarta, tentu angka tersebut terbilang tinggi.

Sebelumnya, General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin, mengatakan, ada sejumlah alasan yang mendasari tingginya harga jual Honda Dax.

“Satu karena motornya CBU, kedua modelnya yang unik dan timeless, itu mungkin yang membuat harganya berbeda dengan motor konvensional,” ujar Muhib, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu

Baca juga: Motor Listrik Alva Bungkam Saat Ditanya SPK di GIIAS

Meski berharga tinggi, permintaan konsumen terhadap Honda Dax diklaim antusias. Kondisi ini pula yang membuat harga meningkat, terutama ketika demand yang ada lebih banyak ketimbang supply.

“Kalau kita lihat motor-motor ikonik, motor-motor hobi, motor-motor jadul yang dikemas dengan teknologi terkini, itu kan sama dengan Super Cub 125, yang model-model ikonik memang harganya relatif lebih mahal dengan model konvensional,” ucap Muhib.

“(Krisis material) pasti pengaruh, karena salah satu faktor yang menentukan harga kan karena bahan baku. Kalau harga bahan baku naik, pastinya harga motor juga terkoreksi,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.