Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Metro Jaya Akan Gelar Street Race di Kemayoran

Kompas.com - 23/08/2022, 15:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya akan kembali menggelar Street Race akhir pekan ini di Jalan H Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (27/8/2022) dan Minggu (28/8/2022).

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan ajang balapan ini akan dimulai pukul 08.00 WIB. Ia menjelaskan, ini merupakan seri keempat Street Race di Kemayoran.

"Untuk peserta yang kita ikut sertakan sekitar 500 peserta," ucap Latif seperti dikutip NTMC Polri, Selasa (23/8/2022).

Baca juga: Ini Kisaran Biaya Uji Emisi Kendaraan Bermotor

Sebelum pemilihan lokasi tersebut sebagai area balapan, Latif mengatakan bahwa pihaknya telah mempertimbangkan banyak hal, termasuk rekayasa lalu lintas selama balapan berlangsung.

"Tentunya kita akan berpindah tempat dan kebetulan pada seri keempat ini di Kemayoran memiliki tipikal dan konstruksi jalan yang cukup untuk menampung para pembalap dan penonton yang akan menontonnya sehingga akan lebih nyaman. Tentunya pengalihan arus lalu lintas akan kita lakukan di jalan sekitar Kemayoran tersebut," ucap dia.

Selain balapan, akan ada ragam sarana lain yang tersedia selama Street Race berlangsung, termasuk eksibisi tinju hingga vaksin booster.

Kanit Laka Lantas Polres Tangsel Iptu Nanda ikut balapan di hari kedua Street Race BSD Tangerang, Sabtu (23/4/2022).KOMPAS.com/ANNISA RAMADANI SIREGAR Kanit Laka Lantas Polres Tangsel Iptu Nanda ikut balapan di hari kedua Street Race BSD Tangerang, Sabtu (23/4/2022).

Baca juga: Perlu Diantisipasi, Ini 5 Masalah Umum yang Sering Terjadi pada Mobil

"Ada juga eksibisi tinju dan juga kita siapkan UMKM sehingga masyarakat bisa nikmati kuliner yang ada di Jakarta. Kita juga gelar vaksin booster di mana vaksin ini kita akan perhatikan ke masyarakat berkebutuhan khusus," ucap Latif.

"Mudah-mudahan sarana ini dimanfaatkan oleh mereka dan mereka tidak akan lagi melaksanakan balapan liar yang tentunya mengganggu keselamatan warga dan keselamatan mereka sendiri," kata Latif, melanjutkan.

Sebagai informasi, street race awalnya dicetuskan oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fail Imran, didasari oleh maraknya fenomena balapan liar di Ibu Kota.

Ajang balapan ini pertama kalinya digelar di Ancol pada Januari 2022 yang lalu, dan memantik antusiasme dari banyak pihak sehingga kemudian dilanjutkan digelar di Meikarta, Bekasi, dan BSD, Tangerang Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com